Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas

13 September 2023
admin
Dibaca 98 Kali
Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas

Pacarejo.id- Rabu, 13 September 2023, dalam rangka peningkatan kapasitas satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pemerintah Kalurahan Pacarejo melaksanakan kegiatan pembinaan Linmas yang bertempat di Balai Kalurahan Pacarejo.Kegiatan ini dihadiri oleh anggota linmas, Pamong Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Pacarejo.

Dalam acara ini anggota linmas diberikan pembekalan dan pelatihan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Pacarejo. Dijelaskan tugas inti dari Linmas yaitu melaksanakan perlindungan masyarakat, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di Kalurahan. Selain itu fungsi Linmas yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat.

Dijelaskan oleh Aipda Asep Zaenal M, S.H, Bhabinkambtibmas Kalurahan Pacarejo, bahwa anggota linmas bertugas dalam keamanan dan ketertiban. “Linmas bertugas mendeteksi ada tidaknya suatu gejolak masalah di masyarakat,saya minta setiap ada permasalahan khususnya tentang keamanan dan ketertiban saya harap untuk berkoordinasi dengan Dukuh atau Pengurus Jagawarga dan dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Pacarejo, terutama menjelang Pemilu 2024 agar linmas senantiasa siap dalam menjaga keamanan dan ketertiban” jelasnya. 

Selain tugas dan fungsi linmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban, disampaikan pula tentang sejarah Linmas serta arti dari logo atribut Linmas oleh Serda Arwanto, Babinsa Kalurahan Pacarejo. “Linmas dahulu bernama hansip (pertahanan sipil), namun pada tahun 2014 organisasi hansip dibubarkan oleh Presiden berdasarkan Perpres no 88 tahun 2014 berganti menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat),secara struktur Linmas bernaung di bawah Pemda melalui kesatuan Polisi Pamong Praja. Sedangkan arti logo dari atribut linmas yakni memberikan perlindungan, pengayoman,serta melambangkan keberanian,keuletan, ketangkasan dan kejujuran yang harus dimiliki oleh satuan Linmas” paparnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan praktek tentang baris berbaris yang berlangsung di halaman Balai Kalurahan.Kegiatan pembinaan berlangsung tertib, para peserta sangat antusias dan serius dalam mengikuti pembinaan tersebut.