Gerakan Serentak Basmi Sarang Nyamuk dengan 3M Plus

07 Maret 2024
admin
Dibaca 95 Kali
Gerakan Serentak Basmi Sarang Nyamuk dengan 3M Plus

Pacarejo.id – Kamis, 07 Maret 2024 , Pemerintah Kalurahan Pacarejo bekerjasama dengan UPT Puskesmas Semanu II melaksanakan kegiatan gerakan serentak membasmi sarang nyamuk dengan 3 M plus atau disingkat (GERTAK BANGMUS). Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi , memotivasi, aksi dalam pemberantasan penyakit demam berdarah.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi kepada warga masyarakat di Padukuhan Jelok, Kenteng, Ngampo dan Kuwon Kidul. Dalam sambutannya Lurah Pacarejo,Suhadi mengajak dan menghimbau kepada masyarakat Pacarejo untuk melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk,untuk menciptakan masyarakat sehat yang guyub rukun, pemberantasan dilaksanakan di rumah masing" secara serentak.

UPT Puskesmas Semanu II juga memberikan arahan terkait DBD

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa masyarakat. Penyakit DBD sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk aedes Aegypti yang sangat identik dengan musim hujan di daerah tropis atau subtropis.

Hal ini dikarenakan genangan air yang ada pada lubang atau barang-barang bekas akibat hujan menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan berbagai pen

Metode tepat guna untuk mencegah DBD adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3 M plus (Menguras, Menutup, Mengubur) dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.