SEJARAH KALURAHAN PACAREJO

15 Februari 2023
wahyu febrianto
Dibaca 691 Kali
SEJARAH KALURAHAN PACAREJO

    Kalurahan Pacarejo adalah salah satu Kalurahan yang ada di wilayah Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan pusat pemerintahan di Padukuhan Kuwon Lor.

    Kalurahan Pacarejo memiliki luas wilayah ± 3693.1810 ha yang terdiri dari 28 Padukuhan, terletak di sebelah tenggara Kota Wonosari (Ibu kota Kabupaten Gunungkidul) Jarak antara pusat pemerintahan Kalurahan Pacarejo dengan Kota Wonosari ± 7 km. Wilayah Kalurahan Pacarejo berbatasan langsung dengan Kalurahan–kalurahan di Kapanewon Semanu juga Kapanewon lain di Kabupaten Gunungkidul adapun batas–batas Kalurahan Pacarejo adalah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara : Kalurahan Baleharjo Wonosari
  2. Sebelah Barat : Kalurahan Mulo, Kalurahan Duwet Wonosari
  3. Sebelah Selatan : Kalurahan Hargosari Tanjungsari
  4. Sebelah Timur : Kalurahan Candirejo Semanu

    Dengan jumlah penduduk ± 16.796 jiwa terdiri dari ± 5.114 KK dan mata pencaharian atau pekerjaan masyarakat Kalurahan Pacarejo sebagian besar bekerja di sektor pertanian.

    Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul secara geografis wilayahnya berupa Perbukitan dengan keadaan jalan yang sebagian masih berupa jalan tanah dan berkelok-kelok sehingga diperlukan pembangunan fasilitas jalan rabat beton yang memadai, terutama di sektor pariwisata yang sedang dikembangkan. Dikarenakan dana yang ada di Kalurahan sangat terbatas maka kami mohon bantuan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.