Pacarejo Kerjasama dengan Ambarrukmo STP AMPTA dan UAJ Yogyakarta

22 September 2023
Admin
Dibaca 90 Kali
Pacarejo Kerjasama dengan Ambarrukmo STP AMPTA dan UAJ Yogyakarta

pacarejo.id - Kalurahan Pacarejo telah melakukan MOU dengan Ambarrukmo Group, STP AMPTA dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam pelaksanaan program yang bertajuk Ambarukmo Agridaya pada hari Jum'at 22/9. Penandatanganan nokta kesepahaman dilaksanakan di Porta Jl. Colombo Sleman Yogyakarta yang dihadiri langsung oleh Suhadi Lurah Pacarejo.

Kolaborasi antar tiga unsur yaitu Akademisi, Bisnis dan Desa (Kalurahan) merupakan salah satu upaya perwujudan Reformasi Kalurahan yang diamanahkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Didalam Reformasi Kalurahan terdapat aspek penting yaitu Reformasi Pemberdayaan Masyarakat, seperti upaya yang dilakukan Pemerintah Kalurahan Pacarejo yaitu kerjasama dengan pelaku Bisnis dan Akademisi dalam mengembangkan sektor wisata di Kalurahan yang tujuannya nanti adalah pemberdayaan masyarakat.

Penggagas program kerjasama Desideria Cempaka dalam sambutannya menyatakan bahwa perpaduan antara Akademisi, Bisnis dan Desa Wisata akan memantik aspek pariwisata menjadi lebih berkembang. Ambarukmo Agribisnis merupakan upaya yang akan dilaksanakan bersama dengan harapan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh Kalurahan dan masyarakat pada umumnya juga bisa menjadi bahan bagi Kemendikbud sebagai hasil riset.

Victoria Sundari Dekan Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyambut baik kerjasama yang telah dijalin ini, sehingga nantinya mahasiswa dapat terjun langsung di Desa mengembangkan pedesaan secara berkelanjutan. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua STP AMPTA yang menyatakan bahwa pihaknya membutuhkan tempat untuk program study baik bagi mahasiswa maupun bagi dosen yang melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Haris Susanto Managing Director Ambarrukmo Group mendukung penuh terhadap kemajuan Kalurahan dan DIY pada umumnya melalui program yang digagas yaitu Ambarrukmo Agribisnis.

Lurah Pacarejo Suhadi dalam tanggapannya menyampaikan harapan besar atas terjalinnya kerjasama yang baik ini dengan harapan nantinya akan mendapatkan hasil pemberdayaan bagi masyarakat sehingga akan murakapi dan membawa berkah bagi masyarakat. Pada kesempatan ini juga ada Kalurahan Bangunkerto dan Tamanmartani Sleman yang juga melakukan penandatanganan MOU.