KKN Vokasi UNY 2023 : Siap Kembangkan Potensi Padukuhan Ngampo

11 April 2023
Admin
Dibaca 315 Kali
KKN Vokasi UNY 2023 : Siap Kembangkan Potensi Padukuhan Ngampo

      Pacarejo.id, Pada hari Senin, 10 April 2023 setelah selesai apel pagi di kalurahan Pacarejo pada pukul 09.00 WIB, Mahasiswa KKN Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta Kelompok 5 yang bertempat di Padukuhan Ngampo, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul memaparkan serta memberikan laporan perkembangan program kerja yang akan dilaksanakan dan telah dilaksanakan. 

 

    Winda Muningtyas memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama 3 bulan di Padukuhan Ngampo serta melaporkan program kerja yang sudah terlaksana selama 41 hari terhitung sejak tanggal 1 Maret hingga 10 April 2023. Program kerja KKN ini terdapat 2 kategori yaitu program kerja kelompok dan program kerja individu. Setiap masing-masing kategori program terdiri dari program kerja utama, program kerja penunjang dan program kerja tambahan. 

 

      “Program kerja utama kelompok yaitu penyuluhan bahan pangan lokal untuk penaganan stunting, pembenahan fasilitas umum padukuhan serta fun cooking untuk ibu-ibu dan anak-anak. Program kerja penunjang yaitu pendampingan TPA, seni budaya, olahraga dan revitalisasi kolam lele. Sedangkan untuk program kerja utama individu terdapat beberapa pelatihan pembuatan produk berbahan dasar lokal,”ungkapnya.

 

     “Program Kerja yang telah terlaksana yaitu penanganan stunting dengan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada balita seperti silky pudding jagung dan bubur kacang hijau. Pelatihan pembuatan produk berbahan pangan lokal yang ada di Padukuhan Ngampo seperti pembuatan minuman kunyit serbuk, brownies kukus tepung gaplek, kue kacang dan beberapa pembuatan produk yang lain. Pelatihan ini ditujukan kepada ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Padukuhan Ngampo. Harapannya program kerja yang dibuat dapat meminimalisir permasalahan yang ada di Padukuhan Ngampo seperti stunting, kemiskinan, serta mengembangkan potensi yang ada”.

 

     Setelah pemaparan, Bapak Suhadi selaku Lurah Pacarejo menanggapi dan mengapresiasi serta menekankan dua point dari program kerja utama kelompok dan individu. “Program kerja penyuluhan bahan pangan lokal untuk penanganan stunting dengan luaran pembuatan buku resep MPASI dan PMT untuk balita pada buku tersebut difokuskan dalam pemanfaatan bahan pangan lokal serta ditambahkan informasi gizi yang terdapat dalam setiap resep.

     Kemudian dengan adanya pelatihan pembuatan produk bahan pangan lokal dari KKN diharapkan ibu-ibu PKK Padukuhan Ngampo dapat mengasah skill dalam pengolahan dan membentuk UMKM sebagai upaya meningkatkan ataupun menambah taraf kesejahteraan ekonomi”.

 

    Beliau berharap, kehadiran mahasiswa KKN di tengah-tengah masyarakat bisa membantu memecahkan masalah yang terjadi dan mengembangkan potensi yang ada di Padukuhan Ngampo. 

 

Kontributor : Sabilla Madiani & Naufal Izzudin