Psikoedukasi dari KKN UMBY untuk Warga Kuwon Kidul

31 Juli 2024
Admin
Dibaca 58 Kali
Psikoedukasi dari KKN UMBY untuk Warga Kuwon Kidul

pacarejo.id - Kelompok KKN 22 Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah melaksanakan program kerja di Dusun Kuwon Kidul, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Gunung Kidul  dengan mengadakan kegiatan psikoedukasi mengenai “Bullying dan Cyberbullying” kepada masyarakat dengan target masyarakat yang terdiri dari anak-anak, remaja,  ibu-ibu, dan bapak-bapak. 

Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 30 Agustus 2024 di Balai Padukuhan Kuwon Kidul. Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yaitu untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman kepada warga tentang dampak negatif bullying dan cyberbullying serta cara mencegah dan menanggulangi kejadian tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Dusun Kuwon Kidul dapat lebih memahami dan mencegah tindakan bullying dan cyberbullying.  

Bullying dan cyberbullying dapat menyebabkan orang lain merasa teraniyaya, terintimidasi, ketakutan dan korban tidak berdaya untuk mencegah perilaku tersebut. Oleh karena itu, pencegahan bullying dan cyberbullying sangat penting dengan memastikan adanya edukasi yang komprehensif mengenai dampak negatif dari perilaku tersebut. 

Dalam psikoedukasi bullying dan cyberbullying tersebut materi dipaparkan oleh dua mahasiswa psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang melibatkan warga desa untuk bersama-sama membahas berbagai aspek terkait bullying dan cyberbullying. Melalui diskusi interaktif dan partisipasi aktif, warga dusun diajak untuk memahami jenis-jenis bullying, dampak psikologis yang ditimbulkan, serta strategi pencegahan dan penanganannya.

kontributor : KKN UMBY Kelompok 22 Kuwon Kidul