Edukasi Pentingnya Konsumsi Buah Buahan

24 April 2024
Admin
Dibaca 30 Kali
Edukasi Pentingnya Konsumsi Buah Buahan

pacarejo.id - Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh salah satu contohnya dapat menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat. Buah memiliki kandungan vitamin, flavonoid, antioksidan, dan mineral yang baik untuk tubuh. Kebiasaan konsumsi buah dapat membantu meningkatkan perlindungan terhadap gigi, dan melindungi mukosa rongga mulut dari kerusakan sel, infeksi bakteri, dan karies gigi (Pertami, 2023: 75-79).

Untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan pada anak-anak, KKN UNY Dengok Kidul mengadakan program kerja berupa mengajak anak-anak untuk memasak jajanan sehat berupa salad buah sebagai contoh variasi hidangan dengan bahan utama buah-buahan. Kegiatan dilaksanakan di Balah Padukuhan Dengok Kidul pada tanggal 26 Februari 2024 pada pukul 14.00-17.00 WIB.

Salad buah merupakan hidangan yang dikategorikan sebagai hidangan penutup (dessert) yang berasa manis dan asam terdiri dari buah-buahan yang diberi saus berupa yogurt atau mayonaise. Buah-buahan yang digunakan bervariasi dari segi warna dan rasa seperti strawberry, kiwi, melon, semangka, dan pisang. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti pisang yang tinggi magnesium yang dapat memacu tubuh untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh (Andika, 2021), strawberry kaya akan vitamin C, serat, dan antiokasidan seperti asam elagat, pelargonidin, prosianidin, dan ellagitanin yang dapat menjaga kesehatan jantung (Fadli, 2023).

Kegiatan diawali dengan berdoa kemudian, menjelaskan mengenai buah-buahan dan manfaatnya. Setiap anak mendapat 1 mangkuk berisi buah-buahan dan secara bergantian dibagikan mayonaise dan keju.

Anak-anak mengikuti kegiatan dengan antusias dan ceria, mereka dapat menyebutkan macam-macam jenis buah, warna buah, bentuk buah, serta vitamin dalam buah, dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat mengingat bahwa mengonsumsi buah sangat baik bagi kesehatan mereka.

kontributor : Dhenisa Sukmawati KKN UNY Dengok Kidul 2024