Tonggor berkebun Jambu Mete

01 September 2023
Admin
Dibaca 83 Kali
Tonggor berkebun Jambu Mete

     Pacarejo.id - Jambu mete adalah tanaman buah yang banyak tumbuh di Gunungkidul. Tanaman ini menghasilkan bji yang memiliki rasa enak dan bernilai gizi tinggi.

 

     Biji jambu mete kemudian dikenal dengan nama kacang mete. Tanaman jambu mete dapat dibudidayakan di lahan luas maupun pekarangan rumah.Budidaya jambu mete saat ini sangat menjanjikan. 

      Padukuhan Tonggor mendapatkan bantuan bibit jambu mete. Dropping bibit jambu mete ini bantuan dari pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kab Gunungkidul bidang Hortibun, untuk kelompok perkebunan "Dunia hijau" Tonggor, Pacarejo, Semanu. 

 

     Jumlah bibit yang didistribusikan sebanyak 2420 batang untuk luasan 22 ha.

      Bantuan bibit ini di peruntukan guna peremajaan tanaman jambu mete di Kelompok Perkebunan Dunia Hijau Padukuhan Tonggor Kalurahan Pacarejo Kapanewon Semanu.

 

       Selain bantuan bibit, juga akan dikirim bantuan pupuk organik sebanyak 3300 kg .

        Bantuan bibit diserahkan oleh Penyuluh Pertanian Kalurahan Pacarejo, Bp Sudiyatna,A.Md kepada ketua kelompok Bp Wardoyo, didampingi petugas data (Mantri Tani) Bpp Semanu ibu Indah Devi Ardiani,SP, rekanan, serta anggota kelompok. 

 

      Dengan adanya bantuan bibit dan pupuk ini, diharapkan petani mete di Padukuhan Tonggor akan semakin semangat dalam burbudidaya jambu mete, sehingga ke depan pendapatan petani dari sektor perkebunan jambu mete akan meningkat.