KKN UNY Ajak Anak PAUD Trukan Ngampo Menghias Donat

03 April 2024
Admin
Dibaca 47 Kali
KKN UNY Ajak Anak PAUD Trukan Ngampo Menghias Donat

pacarejo.id - Donat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti yaitu kue yang dibuat dari tepung terigu, mentega, gula, dan sebagainya, berbentuk bundaran yang berlubang di tengahnya. Rasanya yang manis, lembut, dan gurih membuat semua orang menyukainya. Sering dijumpai di pedagang kaki lima di pasar yang menjual aneka donat yang memiliki hiasan manis diatasnya. Karena rasa dan teksturnya banyak orang menyukai donat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua menyukai roti yang bolong tengahnya ini. Itulah mengapa donat menjadi makanan sejuta umat yang digemari semua kalangan.

Dengan tema donat itulah seorang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Padukuhan Trukan Ngampo yaitu Ali Mustofa Hanafi melaksanakan kegiatan menghias donat bersama anak-anak paud setempat, di KB Bina Cerdas Trukan Ngampo 19/02.

Pada kegiatan ini, para siswa disuguhkan selai dan gula gula yang nantinya dapat dijadikan hiasan untuk donat mereka. Setiap siswa diberikan kebebasan memilih rasa selai dan hiasan kue yang mereka ingin kan. Setelah semua alat dan bahan disiapkan, mereka dengan gembira mulai mengoleskan selai dan menaburkan gula gula di atas donat. 

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut selain mengerjakan Program Kerja KKN, ialah menambah pengalaman, kreatifitas dan memperkenalkan donat sebagai produk yang dapat dibuat, dihias dan diperjual belikan untuk berwirausaha. Diharapkan setelah kegiatan ini anak-anak paud dapat menambah pengetahuan dan motivasi dimasa depan agar menjadi wirausaha dibidang makanan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif. Hasil peneletian ini menunjukan anak-anak paud KB Bina Cerdas memapu menghias donat dengan baik.

Kontributor Ali Mustofa Hanafi Mahasiswa KKN UNY 2024