Besik Telaga Jonge

14 Juli 2023
Admin
Dibaca 125 Kali
Besik Telaga Jonge

pacarejo.id - Besik Tlaga Jonge merupakan kegiatan tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat di Padukuhan Kuwangen Lor dan Kuwangen Kidul. Kegiatan rutin setiap tahun selalu dilaksanakan di Kawasan Telaga Jonge.

Dalam sambutannya Lurah Pacarejo Suhadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan adat tradisi yang masih dilestarikan dan harus dipertahankan.

Seperti halnya Rasulan kegiatan Besik Tlaga merupakan wujud rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa selama satu tahun.

Menurut pemangku adat Telaga Jonge Mursono yang masih memiliki garis keturunan dari Kyai Sidik Wacana (Kyai Jonge) menuturkan bahwa pesan dari Kyai Sidik Wacana setelah wafat nanti meminta agar ada peringatan setiap satu tahun sekali. Oleh karena itu sebagai bentuk melaksanakan amanah leluhur warga masyarakat yang berada di wilayah Padukuhan Kuwangen Lor dan Kuwangen Kidul melaksanakan kegiatan Besik Telaga Jonge.

Kegiatan Besik Telaga dimulai dengan melaksanakan Kenduri bersama sebagai bentuk sedekah dari masyarakat. Dalam kegiatan Besik Telaga ini juga terdapat pentas seni yaitu Tari Reog dan Jathilan sebagai hiburan masyarakat yang telah melaksanakan tradisi Besik Tlaga.

Kegiatan ini turut dihadiri Oleh Panewu Semanu dan Forkompinkap Semanu, Lurah Pacarejo dan Pamong, Dinas Pariwisata Gunungkidul dan Dinas Kebudayaan Gunungkidul.