KERJA BAKTI BERSIH BERSIH KALI

10 Januari 2020
Dibaca 57 Kali
KERJA BAKTI BERSIH BERSIH KALI

Pacarejo (SIDA) - Kalisuci Cave Tubing salah satu objek wisata minat khusus yang sangat populer bagi pengunjung atau wisatawan baik lokal maupun manca negara. Berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan Desa Pacarejo merupakan salah satu penyumbang dana PAD bagi Desa Pacarejo.

Kondisi alam yang telah memasuki musim penghujan tidak menyurutkan minat pengunjung atau wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati sensasi memacu adrenalin di kawasan kalisuci. Saat musim hujan tiba debit air akan meningkat, banyak sampah yang terbawa arus air. Hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah disembaran tempat atau bahkan di wilayah hulu sungai. Papan informasi larangan membuang sampah sudah terpampang jelas, sosialisasi kepada masyarakat dibantaran sungai pun juga telah dilaksanakan.

Sampah yang terbawa arus sungai bermacam-macam, diantaranya sampah ranting pepohonan, plastik-plastik bungkus makanan dan minuman, dan bahkan sampah pakaian juga ada di dalam kali. Disamping merusak ekosistem, hal demikian akan mengganggu kenyamanan para pengunjung atau wisatawan yang sedang menikmati pemandangan saat menyusuri goa kalisuci.

Pada hari kamis, 09 Januari 2020 tim Pokdarwis Kalisuci melakukan kegiatan kerjabakti bersih-bersih di dalam area kalisuci. Salah satu anggota dari tim adalah Wahyu Febrianto Dukuh Jetis Wetan yang ikut terjun langsung dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan bersih-bersih ini rutin dilakukan, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini, karena kebersihan lingkungan merupakan bagian dari upaya memberikan pelayanan yang optimal khususnya kenyamanan bagi pengunjung atau wisatawan, kata Wahyu Febrianto.

Beberapa karung plastik berisi sampah yang terbawa arus sungai berhasil dikumpulkan dan diangkut ke atas permukaan, kegiatan bersih-bersih dirasa cukup dan telah selesai dilaksanakan.

Kegiatan kerja bakti bersih-bersih akan terus dilaksanakan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian ekosistem di kalisuci maupun seitarnya. Selain itu kebersihan adalah kenyamanan bagi pengunjung atau wisatawan yang menjadi salah satu fokus utama. Dengan demikian harapannya pengunjung atau wisatawan akan merasa nyaman dan terus tertarik untuk berkunjung ke kalisuci.