BERSAMA POS LANSIA, KELOMPOK 9 KKN-PPM UMBY MELAKUKAN TANAM KANGKUNG DENGAN SISTEM BUDIKDAMBER

05 Februari 2024
FERI FEBRIYANTO
Dibaca 152 Kali
BERSAMA POS LANSIA, KELOMPOK 9 KKN-PPM UMBY MELAKUKAN TANAM KANGKUNG DENGAN SISTEM BUDIKDAMBER

Pacarejo, Gunungkidul Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Mercu Buana (UMBY) Kelompok 09 bersama Pos Lansia Husnul Khotimah melakukan tanam kangkung dengan sistem Budidaya Ikan dan Tanaman dalam Ember (Budikdamber) yang dilaksanakan di Pos Lansia Husnul Khotimah, Padukuhan Jetis Kulon pada Senin (05/02/2024).

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pos Lansia Husnul Khotimah dan Mahasiswa KKN-PPM UMBY Kelompok 09. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas warga lanjut usia (Lansia) yang ada di Pos Lansia Husnul Khotimah.

Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata dalam mendukung pemberdayaan masyarakat

Metode yang digunakan pada penanaman kangkung ini adalah metode hidroponik, dimana bagian tanaman kangkung yang dibutuhkan adalah batang kangkung yang memiliki akar, setelah itu dimasukkan pada gelas plastik yang sudah dilubangi sebagai jalur masuk air, serta gelas tersebut sudah terisi dengan arang sebagai media tanam alternatif. Sedangkan sistem Budikdamber ini menggunakan ember besar berisi air dan ikan lele dengan tanaman kangkung diatasnya.

Ratno Sungkowo, sebagai ketua Pos Lansia Husnul Khotimahmengungkapkan bahwa sistem ini sudah direalisasikan sejak tahun 2021.

Dengan sistem ini, kita bisa petik kangkung sebulan sekali, lalu satu bulan lagi kita petik kangkungnya, bisa sampai empat sampai lima kali panen kangkung itu. Ujarnya.

Itu kita pakai karena sesuai dengan ilmu yang kita dapatkan untuk budidaya kangkung dalam ember. Ungkap Ratno.

Ratno juga berterima kasih kepada Mahasiswa KKN-PPM UMBY karena telah hadir di Pos Lansia “Husnul Khotimah”, menurutnya kehadiran Mahasiswa KKN-PPM UMBY sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan.

Pos Lansia Husnul Khotimah saat ini memiliki total 20 ember sebagai media Budikdamber. Setiap ember setidaknya menghasilkan satu hingga dua ikat sayur kangkung. Selain itu, Pos Lansia ini juga memiliki Kebun Gizi yang didalamnya terdapat berbagai macam tanaman yang hasilnya dapat dinikmati oleh warga lansia yang ada di Pos Lansia ini.

Kebun Gizi yang dimiliki oleh Pos Lansia Husnul Khotimahmerupakan wadah untuk warga lansia untuk berkebun. Tak hanya berkebun, kegiatan lainnya seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) yang diadakan setiap hari Senin dan Jumat untuk warga lansia.

Antusiasme warga lansia dalam mengikuti setiap kegiatan di Pos Lansia sangatlah besar. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya kehadiran warga lansia yang terhitung tidak sedikit. Dengan semangat, warga lansia yang ada di Padukuhan Jetis Kulon dan sekitarnya rutin mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh Pos Lansia Husnul Khotimah.

Pada akhirnya, suasana kedekatan dan keakraban antara Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 09 dengan pengurus Pos Lansia dan warga lansia terwujud di Pos Lansia ini.

*) Penulis: Aderifqi Dian Maulana/Kelompok 09 KKN-PPM UMBY XLIV