Bimtek Petugas SDGs

12 Oktober 2023
admin
Dibaca 103 Kali
Bimtek Petugas SDGs

Pacarejo.id – Kamis, 12 Oktober 2023 bertempat di Balai Kalurahan Pacarejo dilaksanakan Bimbingan Teknis pendataan SDGs. Bimtek ini diikuti oleh 28 orang petugas pendata dari setiap padukuhan di Kalurahan Pacarejo. Petugas ini nantinya akan bertugas dalam pendataan masyarakat yang mencakup berbagai aspek seperti perekonomian,sosial dan lingkungan. Target pendataan meliputi kurang lebih 5000 KK di Kalurahan Pacarejo dan pendataan harus selesai di bulan November 2023.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Desa dan PDTT Nomor 2 Tahun 2016, menyebutkan bahwa pemutakhiran data berbasis SDGs ( Sustainable Developmet Goals programs ) Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun yang lebih detail, lebih mikro, untuk dapat memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan, pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga di tingkat perdesaan.

Hadir dalam kesempatan ini Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPMD) Suryanto,SIP dan Nur Astanto selaku narasumber dalam acara bimtek ini. Materi yang disampaikan yakni cara pengisian form pendataan dan cara input data melalui website.

Acara berlangsung dengan baik. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Pemerintah Kalurahan Pacarejo berharap dengan adanya bimtek ini dapat tercapai pemutakhiran dan pendataan real sesuai yang ada di lapangan oleh para petugas, khususnya tingkat rukun tetangga dan keluarga, maka pembangunan kalurahan akan tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan masyarakat.