Pentingnya Pendidikan Keselamatan Listrik untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

05 April 2024
Admin
Dibaca 46 Kali
Pentingnya Pendidikan Keselamatan Listrik untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

pacarejo.id - Dalam era teknologi modern, listrik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, keberadaannya juga membawa risiko yang tidak boleh diabaikan, terutama bagi anak-anak. Untuk mengatasi potensi bahaya tersebut, penting bagi anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk memahami keselamatan listrik secara dini.

Program ini, yang berlangsung selama periode Februari hingga April, dilakukan oleh Nabillah Rifdah Qushoyyi, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNY 2024. Kegiatan ini mencakup serangkaian penjelasan tentang listrik di kehidupan sehari – hari dan lomba mewarnai terkait listrik tersebut.

Menyadari urgensi ini, banyak lembaga pendidikan telah mulai memasukkan materi keselamatan listrik ke dalam kurikulum mereka. Langkah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak tentang bagaimana menggunakan listrik dengan aman, serta mengidentifikasi bahaya potensial yang terkait dengan penggunaannya.

Staf pengajar di TK dan PAUD memainkan peran penting dalam memberikan edukasi keselamatan listrik kepada anak-anak. Mereka menggunakan metode yang sesuai dengan perkembangan anak-anak, seperti cerita pendek, permainan, dan gambar-gambar yang menarik, untuk menjelaskan konsep-konsep penting seperti tidak menyentuh stop kontak dengan tangan basah, tidak memasukkan benda-benda ke dalam stop kontak, dan menghindari mainan elektronik yang rusak.

Selain itu, melibatkan orang tua juga merupakan bagian integral dari upaya ini. Orang tua dapat membantu memperkuat pemahaman anak-anak tentang keselamatan listrik dengan memberikan contoh dan menjelaskan praktik-praktik yang aman di rumah. Misalnya, mereka dapat mengajarkan anak-anak untuk tidak mencolokkan dan mencabut steker dengan tangan basah, serta mengamankan kabel-kabel yang terpapar di rumah.

Pendidikan keselamatan listrik bagi anak-anak TK dan PAUD tidak hanya tentang mencegah kecelakaan, tetapi juga tentang memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi situasi darurat. Dengan pemahaman yang baik tentang keselamatan listrik, anak-anak dapat menjadi agen perubahan yang membantu menjaga lingkungan mereka tetap aman dan terlindungi dari bahaya listrik.

Dengan demikian, kolaborasi antara lembaga pendidikan, staf pengajar, dan orang tua sangat penting dalam memastikan bahwa anak-anak mendapatkan edukasi yang memadai tentang keselamatan listrik sejak usia dini. Melalui upaya bersama ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi generasi mendatang.

Kontributor : Nabillah Rifdah Qushoyyi Mahasiswa KKN UNY 2024