Deklarasi STBM dan Gebyar Germas UPT Puskesmas Semanu II

12 September 2022
Dibaca 84 Kali
Deklarasi STBM dan Gebyar Germas UPT Puskesmas Semanu II

Rabu, 7 September 2022 UPT Puskesmas Semanu II menyelenggarakan kegiatan Deklarasi STBM 5 Pilar dan dan Gebyar Germas yang bertempat di kawasan wisata telaga Jonge yang berada di wilayah Kalurahan Pacarejo. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pimicuan. Serangkaian kegiatan pemicuan dan verifikasi data STBM telah dilaksanakan sejak September 2017 sampai dengan Oktober 2021, yang berujung pada pelaksanaan Deklarasai STMB di Kalurahan Pacqrejo, Kapanewon Semanu pada tanggal 7 September 2022.

Kegiatan Deklarasi ini bukan merupakan akhir dari proses STBM, namun terdapat tugas lain yang lebih utama yaitu mempertahankan dan memonitoring kondisi lingkungan maupun perilaku agar tetap memenuhi lima pilar STBM. Lima pilar yang harus terus dilakukan pemantauan antara lain: Stop BAB sembarangan, Cuci tabgab pakai sabun, Pengelolaan makanan dan air minum rumah tangga, Pengamanan sampah rumah tangga, dan Pengamanan limbah cair rumah tangga.

Gebyar Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) bertujuan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan khususnya upaya promotif dan preventif. Tiga pilar utama minimal bisa dilakukan olehwarga masyarakat yaitu meningkatkan konsumsi buah dan sayur, melakukan aktifitas fisik dan olah raga teratur srta melakukan cek kesehatan secara berkala untuk pencegahan dan pengendalian enyakit tidak menular.

Kegiatan Deklarasi STBM Kalurahan Pacarejo dan Gebyar Germas (07/09) dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr. Dewi Irawati, M.Kes beserta Kabid Kesga, Kasie Promkes dan Kesling, Muspika Kapanewon Semanu, Pemerintah Kalurahan Pacarejo, Pemerintah Kaluranhan Candirejo, Lintas Sektor dan Seluruh Kader Kesehatan Kalurahan Pacarejo dan Candirejo. Rangkaian acara Deklarasi dan Germas diawali dengan senam bersama seuruh hadirin, dilanjutkan sambutan-sambutan dari tamu undangan, deklarasi Germas yang dipimpin oleh Panewu Semanu dan Deklarasi STBM dipimpin oleh LUrah Pacarejo, serta penandatanganan komitmen bersama.

Setelah rangkaian deklarasi selesai dilaksanakan, kader kesehatan yang terbagi menjadi 4 kelompok mempertunjukkan drama dengan tema "pencegahan stunting" di depan tamu undangan. Selain kegiatan tersebut terdapat kegiatan lain seperti Sreening PTM (Penyakit Tidak Menular) dan permainan yang bersifat edukasi bagi semua kader kesehatan. Tidak lupa terdapat berbagai macam doorprize untuk kader dan linsek yang beruntung.

Ucapan selamat dan motivasi hadir dari seluruh tamu udangan, yang selalu mendukung masyarakat agar bisa melaksanakan STBM dan Germas dilingkungannya.