Gapoktan Pacarejo Berembug

13 September 2023
admin
Dibaca 170 Kali
Gapoktan Pacarejo Berembug

Pacarejo.id - Hari ini, Rabu 13 September 2023, Gapoktan ( Gabungan kelompok tani ) Sembada Pacarejo mengadakan pertemuan rutin bulanan bertempat di rumah ketua kelompok tani Kenteng Bp. Sudiyono.

Pertemuan ini merupakan agenda rutin bulanan, dan diadakan secara bergiliran di rumah ketua/pengurus kelompok tani se Pacarejo.

Hadir pada pertemuan kali ini antara lain Penyuluh Pertanian Kalurahan Pacarejo Bp.Sudiyatna,A.Md, Ketua Gapoktan, ketua/pengurus kelompok tani serta perwakilan beberapa  Kelompok Wanita Tani.

Bp Sudiyatna selaku Penyuluh Pertanian menyampaikan beberapa informasi antara lain tentang kemarau tahun ini lebih panjang, karena hujan diprediksi akan turun di bulan Oktober, sedangkan musim hujan akan  lebih pendek .Sehingga petani dihimbau untuk menanam padi dengan varietas umur pendek/genjah, agar tanaman di musim lemarengan masih mendapatkan air hujan.

Dalam acara rembugan ini disampaikan informasi tentang penggunaan pupuk organik cair bantuan pemerintah yang sudah diberikan ke petani melalui kelompok-kelompok tani. Selain itu, gapoktan juga berembug tentang rencana pengelolaan lahan yang dipinjami tanah kas Kalurahan Pacarejo, untuk digunakan sebagai lahan demplot Gapoktan.

Selain berembug tentang pertanian, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penanda tanganan Berita Acara pergantian ketua Gapoktan, yang dahulu dijabat oleh Bp Watina dari Padukuhan Ngampo dan saat ini diketuai oleh Bp Sukiman dari Padukuhan Jasem Kidul.

Bp Sukiman selaku.ketua Gapoktan yang baru memberikan ucapan terima kasih kepada Bp Lurah Pacarejo beserta jajarannya, atas pemberian pinjaman lahan demplot ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga kegiatan transfer teknologi pertanian akan lebih cepat diserap oleh petani.

Setelah acara selesai dilanjutkan dengan pengecekan lahan demplot yang ada di wilayah Padukuhan Dengok Lor oleh perwakilan Gapoktan dan Poktan.