Adat Selikuran Tradisi Tiada Henti

11 April 2023
Admin
Dibaca 210 Kali
Adat Selikuran Tradisi Tiada Henti

      Pacarejo.id, Adat selikuran yang merupakan tradisi masyarakat jawa pada bulan ramadlan masih terjaga betul kelestarian di Kalurahan Pacarejo. Tradisi selikuran mengambil waktu pada saat puasa Ramadhan mendapat 20 hari. Pada sore hari sehabis sholat Asyar hingga menjelang Maghrib warga berkumpul di Balai Padukuhan masing-masing dengan membawa ubo rampe kenduri berupa nasi dan lauk pauk yang ditempatkan pada sebuah besek atau tempat lain.

 

      Pada hari Selasa tgl 12 April 2023 tepat 20 hari puasa Ramadhan tahun 1444 H tampak beberapa warga Padukuhan Kwangen Lor ,Kwangen Kidul ,Kuwon Lor ,Kuwon kidul ,Dengok kidul yang berada di Kalurahan Pacarejo berbondong-bondong menuju bale Padukuhan masing-masing untuk melaksanakan kenduri. 

 

      Kenduri biasanya dipimpin oleh Mbah Kaum atau Rohis yang akan memimpin doa berupa permohonan agar puasa berjalan dengan lancar sampai tuntas dan memohon semoga ibadah puasa diterima oleh Allah SWT,Seraya juga memohon agar warga dan seluruh wilayah senantiasa aman tentram, terhindar dari marabahaya dan penyakit.