Koordinasi Pencegahan Stunting, Pemerintah Kalurahan Pacarejo,Dinas Kelautan dan Perikanan DIY,FOI

09 Maret 2023
Admin
Dibaca 125 Kali
Koordinasi Pencegahan Stunting, Pemerintah Kalurahan Pacarejo,Dinas Kelautan dan Perikanan DIY,FOI

    Pacarejo.id - Kamis, 03 Maret 2023 Pemerintah Kalurahan Pacarejo menerima kunjungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dan FOI (Food Bank of Indonesia) dalam rangka koordinasi untuk mengkonsep dan membuat formulasi penururan Stunting di Kalurahan Pacarejo. Di Pacarejo terdapat kurang lebih 805 balita, dengan angka stunting 109 , atau setara 13,54% .

   Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun.

   Koordinasi dilanjutkan dengan mengunjungi Kampung Anak Sejahtera dan Kebun Gizi yang terletak di Padukuhan Ngampo. Dengan adanya Kebun Gizi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi balita sehingga presentase angka Stunting di Kalurahan Pacarejo dapat menurun.

    Harapan ke depan dengan kolaburasi ini diharapkan berhasil dengan baik sehingga angka stunting di Pacarejo bisa hilang.