Gertam ( Gerakan tanam ) Padi di Kenteng Pacarejo Semanu Gunungkidul

08 Oktober 2024
Admin
Dibaca 58 Kali
Gertam ( Gerakan tanam ) Padi di Kenteng Pacarejo Semanu Gunungkidul

Pacarejo.id ,pada hari Selasa,8 Oktober 2024, bertempat di Poktan Tri Manunggal Kenteng ,Pacarejo,Semanu dilaksanakan Gerakan Tanam ( gertam ) padi musim tanam 1 tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan dilokasi Irigasi perpompaan ( irpom ) di bulak Blumbang Kenteng, karena pada tahun ini Poktan Kenteng mendapatkan kegiatan berupa pengembangan air berupa irigasi perpompaan ( irpom ) atau pembuatan sumur bur untuk pertanian sebesar Rp.112.800.000.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan DIY beserta jajaranya, Kepala BSIP DIY, Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Gunungkidul, Panewu Semanu, BPP Semanu, Lurah Pacarejo, Babhinkamtibmas, serta ketua Gapoktan, Poktan dan petani .

Dengan adanya bantuan Irpom ( sumur bur ) ini maka petani bisa tanam padi 2 kali dalam setahun, sehingga akan berdampak pada terwujudnya ketahanan pangan juga meningkatnya kesejahteraan petani. Gerakan tanam padi ini juga akan dilaksanakan di Jasem kidul dan Kuwangen Kidul, karena kedua Padukuhan ( poktan ) ini juga menerima kegiatan Irpom seperti Kenteng.