Sarasehan; Satukan Hati untuk Berinovasi 'Kimpul Pacarejo'

19 Januari 2023
Admin
Dibaca 216 Kali
Sarasehan; Satukan Hati untuk Berinovasi 'Kimpul Pacarejo'

pacarejo.id - Kamis, 19 Januari 2023 Pemerintah Kalurahan Pacarejo melaksanakan kegiatan "sarasehan" dengan beberapa Dinas OPD Gunungkidul. Kegiatan tersebut dilaksanakan menindaklanjuti inovasi yang dilakukan oleh Kalurahan Pacarejo yaitu mengembangkan sistem informasi secara mandiri. OPD yang hadir dalam kegiatan kali ini adalah Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul, DPMKPPKB Gunungkidul dan Tenaga Ahli Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutannya Lurah Pacarejo menyampaikan tujuan acara pada kesempatan kali ini adalah mohon saran tunjuk kepada Dinas-Dinas terkait dengan pengembangan sistem informasi yang ada di Kalurahan Pacarejo. Selain itu ditekankan juga oleh Lurah Suhadi terkait pengembangan sistem mandiri tersebut dengan tidak akan meninggalkan sistem informasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada kesempatan ini telah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan Pacarejo yang telah berinovasi seiring dengan kemajuan teknologi untuk memberikan kemudahan pelayanan khususnya bagi masyarakat. Disampaikan juga bahwa Kalurahan Pacarejo ditekankan untuk segera memilik Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. "Sehingga nantinya kedepannya Kalurahan Pacarejo akan mampu memberikan pelayanan Akte Kelahiran, Akte Kematian, KK dan Kia langsung dari Kalurahan" demikian kata Bapak Suharno.

Sambutan juga arahan dari BAPPEDA yang disampaikan oleh Bapak Jalma Winarta memberikan apresiasi juga dukungan terkait dengan pengembangan sistem informasi ini. Kedepan diharapkan juga adanya sinergi dengan Dinas lain selain Disdukcapil atau juga lembaga lain agar nantinya Pelayanan masyarakat akan lebih dimudahkan.

Sampai dengan berita ini diterbitkan diskusi masih berlangsung, mengingat pentingnya diskusi tersebut juga waktu yang telah diluangkan oleh Kepala-kepala Dinas akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kalurahan Pacarejo demi terciptanya sistem informasi yang menonjolkan sisi Pacarejo untuk menjadikan Pacarejo yang berkemajuan.