Menanam Bersama: Edukasi Kolaboratif KKN Mercu Buana Yogyakarta dan Kelompok Tani untuk Anak SD

21 Agustus 2023
admin
Dibaca 151 Kali
Menanam Bersama: Edukasi Kolaboratif KKN Mercu Buana Yogyakarta dan Kelompok Tani untuk Anak SD

Pacarejo.id - Kamis (10/08/2023) Kelompok 63 kuliah kerja nyata (KKN) Universitas mercu buana Yogyakarta mengadakan program edukasi tentang perkembangan sektor pertanian serta proses tanam-menanam kepada anak-anak Sekolah Dasar Mijahan 2 di Dusun Jonge, Kelurahan Pacarejo, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang perkembangan sektor pertanian sekaligus memberikan pengetahuan akan pentingnya menanam pada anak-anak sebagai generasi penerus. Dilaksanakannya program ini didasarkan pada hasil observasi dusun, di mana mayoritas masyarakat berkecimpung dalam sektor pertanian, sehingga sangat penting bagi generasi penerusnya untuk memahami urgensansi dari kegiatan tanam-menanam.

kelas 4 sampai 6 yang keseluruhannya berjumlah 45 orang. Dalam pelaksanaannya kelompok 63 menyampaikan materi tentang pentingnya menanam, cara menanam, serta menjaga dan merawat tanaman.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang aktivitas menanam kepada anak- anak dusun Jonge sehingga mereka dapat memahami pentingnya menanam dan bertani.