Pamong Pacarejo Sinau RAB

02 Februari 2023
Admin
Dibaca 163 Kali
Pamong Pacarejo Sinau RAB

pacarejo.id - Semangat menuntut ilmu sangat terasa di aula Kalurahan Pacarejo hari ini. Pamong Kalurahan Pacarejo terutama Dukuh mendapatkan pelatihan pembuatan RAB. Pemateri pembuatan RAB ini diberikan oleh Pendamping Desa. Kegiatan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan bimtek TPK yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Ditahun Anggaran 2023 ini Pemerintah Kalurahan Pacarejo mendapatkan kenaikan dana transfer yang cukup signifikan khususnya Diana Desa ditahun lalu sebesar 1,5 M pada tahun ini menjadi 2,6 M. Selain itu Pemerintah Kalurahan Pacarejo juga mendapatkan program BKK Dana Keistimewaan, BKK Pokir Dewan baik dari Provinsi maupun Kabupaten, juga masih banyak program kegiatan yang bersumber dari dana yang lainnya. Untuk mengantisipasi over beban pekerjaan Kasi/Kaur pengampu kegiatan, mengingat akan banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kalurahan Pacarejo ditahun 2023 ini, maka diperlukan TPK yang handal. Artinya TPK akan mampu melaksanakan pekerjaan sesuai tupoksinya sehingga nantinya mampu membantu pekerjaan Kasi/Kaur pengampu kegiatan.

Pelatihan pembuatan RAB dimulai dengan penjelasan teori oleh Pendamping Desa yaitu Yekti Pragustin, S.Ars dan Ashadi Ahmad, S.Pd Kemudian dilanjutkan dengan praktek penghitungan RAB.

Selain untuk pemantapan bagi TPK, pelatihan pembuatan RAB ini juga diperlukan saat Dukuh mengajukan Proposal untuk memperoleh program kegiatan di Padukuhan masing-masing. Dalam kegiatan pelatihan ini juga dilakukan diskusi, dimana peserta pelatihan dapat mengorek ilmu dan informasi dari pemateri.

Dengan adanya pelatihan-pelatihan yang dilakukan diharapkan nantinya Pamong Kalurahan terutama Dukuh dapat membuat RAB baik saat menjadi TPK maupun pembuatan RAB sebagai lampiran proposal.