Peningkatan Kapasitas Satgas Covid-19 Padukuhan Dengok Lor

16 September 2021
Dibaca 76 Kali
Peningkatan Kapasitas Satgas Covid-19 Padukuhan Dengok Lor

Pacarejo (SIDA) - Angka kasus konfirmasi Covid-19 terua meningkat, kerjasama semua pihak dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Peran masayarakat dari dari berbagai lapisan sangat penting untuk pengendalian dan pencegahan penularan Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 mulai ditingkat Kabupaten sampai ke jajaran paling bawah yaitu RT/RW.

Satuan tugas Covid-19 tingkat Kalurahan/ Padukuhan mempunyai tugas antara lain membuat posko sebagai pusat informasi bagi warga,  berkoordinasi dengan Stgas Kecamatan dan petugas kesehatan setempat, melakukan desinfeksi tempat-tempat umum, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19 dan lain sebagainya.

Kapasitas Satgas Covid-19 khususnya ditingkat yang paling bawah yaitu padukuhan harus selalu ditingkatkan, mengingat kebijakan yang selalu update dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, oleh karena itu Desvita Intan Pradani dan Oky Fatmasari sebagai Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Univet Bangun Nusantara Kabupaten Sukoharjo dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Budi Rahardjo, S. H.,M.Si. melakukan KKN dengan tema MAS JALI   "Mahasiswa Jaga Lingkungan" melakukan temu Satgas Covid-19 di Padukuhan Dengok Lor Pacarejo Semanu Gunungkidul pada tanggal 4 September 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Satgas Covid-19 khususnya di Padukuhan Dengok Lor. Kegiatan yang dilakukan meliputi edukasi dan praktik pembuatan desinfektan sederhana serta cara pemakaian dan pelepasan APD yang benar sebagai upaya penanganan Covid-19 di Padukuhan Dengok Lor. Kegiatan ini diapresiasi dengan baik oleh anggota Satgan Covid-19 di Padukuhan Dengok Lor, terlihat dari antusias mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut.