Tes Kebugaran dan Posbindu bagi Lurah dan Pamong Kalurahan Pacarejo

20 Januari 2023
admin
Dibaca 213 Kali
Tes Kebugaran dan Posbindu bagi Lurah dan Pamong Kalurahan Pacarejo

Pacarejo.id,Jum'at 20 Januari 2023 ,UPT Puskesmas Semanu II bersama Pemerintah Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu melaksanakan kegiatan Tes Kebugaran dan Posbindu (pos pembinaan terpadu) bagi pamong kalurahan Pacarejo di kompleks kampus UNY Gunungkidul. Desita purnawawati S.KM programer dari kegiatan tersebut mengatakan, tujuan dan manfaat dari kegiatan posbindu ini ialahuntuk mengenal/ deteksi dini penyakit tidak menular di intasi pemerintahan , khususnya Kalurahan Pacarejo.

Kegiatan tes kebugaran dan posbindu yang semula rutin dilaksanakan di Balai Kalurahan, tadi pagi dilaksanakan di lapangan olahraga kampus UNY yang berada di Kalurahan Pacarejo Kapanewon Semanu. Acara diawali dengan pertandingan futsal,senam bersama juga dengan metode rockport yaitu melewati lintasan sepanjang 1600 meter dengan tujuan dapat meningkatkan kebugaran, imunitas dan kekuatan otot kaki, kapasitas jantung dan paru-paru. Acara dilanjutkan dengan pengisian par-Q tes melalui aplikasi SIPGAR untuk mengetahui layak tidaknya peserta mengikuti tes kebugaran. Dan terakhir kegiatan Posbindu untuk pengecekkan kesehatan seperti cek tekanan darah,gula darah dan kolesterol. Apabila dalam pengecekan tersebut ada beberapa masalah, dapat dikomunikasikan dengan Puskesmas Semanu II.

Lurah Suhadi menyampaikan, bahwa kegiatan seperti ini agar rutin dilakukan demi memantau kesehatan diri sehingga dengan tingkat kebugaran yang baik diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja Lurah dan Pamong Kalurahan Pacarejo. 

Acara ini hadiri Lurah dan pamong Kalurahan Pacarejo, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pacarejo,Tim Kesehatan UPT Puskesmas Semanu II, pegawai kampus UNY Gunungkidul.