Sosis Pemberdayaan Ekonomi KKN UMBY

16 Agustus 2023
Admin
Dibaca 94 Kali
Sosis Pemberdayaan Ekonomi KKN UMBY

pacarejo.id - Dalam rangka peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Dusun Jasem Lor, Kelurahan Pacarejo. Kelompok 70 KKN-PPM Universitas Mercubuana Yogyakarta yang terdiri dari Yumna Salsabila, Fransia Selvia, Ninda S.F.Damanik, Christoper M Manurung, dan Monika merancang program kerja berjudul “Pengembangan Ekonomi Yang Unggul dan Berkelanjutan Terhadap Masyarakat Jasem Lor, Pacarejo”. Kegiatan ini dibantu juga oleh teman-teman KKN Kelompok 70 XLIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta terkhususnya Antoni Silalahi sebagai pembuat logo.Serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mensukseskan program kerja tersebut diantaranya demonstrasi pembuatan susu kedelai bubuk, sosialisasi cara pengemasan, labelling dan branding, pemasaran, menajamen keuangan, serta pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). Kegiatan dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 30 Juli dan 3 Agustus 2023 di Balai Padakuhun Jasem Lor. Demonstrasi dan sosialisasi dihadiri setidaknya 20 orang warga Dusun Jasem Lor yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu.

Pada hari pertama tanggal 30 Juli 2023 telah dilaksanakan kegiatan demonstrasi cara pembuatan susu kedelai bubuk yang dimulai dari perendaman, pengupasan, perebusan, dan pengeringan. Ibu-ibu warga Jasem Lor mengikuti rangkaian demonstrasi dengan sangat antusias, mengingat pembuatan susu kedelai bubuk ini masih jarang dilakukan. Pembuatan susu kedelai bubuk ini dipilih karena kedelai termasuk hasil pertanian yang unggul dan melimpah dari Dusun Jasem Lor, namun masih banyak dijual dalam bentuk kedelai mentah sehingga nilai jualnya rendah. Harapannya dengan pembuatan susu kedelai bubuk ini dapat meningkatkan nilai jual dan keawetan kedelai sehingga jangkauan pasarannya lebih luas. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan pada hari Kamis, 3 Agustus 2023. Setelah melalui proses pengeringan dan penggilingan, susu kedelai bubuk telah siap dikemas. Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara memasarkan produk serta manajemen keuangan yang baik sehingga dapat memicu pelanggan untuk membeli dan mengkonsumsi susu kedelai. Banyak masyarakat Jasem Lor yang belum mengerti tata cara pemasaran yang baik, strategi pemasaran serta pengemasannya. Sehingga kelompok 70 KKN memberikan pembelajaran tentang pemasaran, Branding dan Labelling, manajemen keuangan serta Pembuatan NIB

Kontributor: Kelompok 70 KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta XLIIII