Workshop Unique Selling Product (USP) Desa Wisata

01 Desember 2023
admin
Dibaca 169 Kali
Workshop Unique Selling Product (USP) Desa Wisata

Pacarejo.id- Jumat ,1 Desember 2023 dilaksanakan kegiatan Workshop Unique Selling Point (USP) Desa Wisata Kalurahan Pacarejo. Desa wisata Pacarejo terbagi menjadi 3 zona yaitu zona timur ,zona tengah,zona barat ,adapun zona timur meliputi Kalisuci, Goa Jomblang, zona tengah ada obyek wisata Telaga jonge, watu giring, dan untuk zona barat Bendung Jowinantang.

Pengembangan suatu desa wisata tidak melulu hanya mengikuti trend kekinian, tapi harus banyak sisi lain yang mesti diperhatikan juga. Perintisan dan pengembangan suatu desa wisata tidak pula hanya cukup punya semangat dan kemauan semata, tetapi harus diiringi dengan kemauan membuka wawasan dan terus belajar tentang trik-trik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dari para ahli yang sudah berpengalaman secara akademisi maupun praktisi di lapangan. Begitu pula dalam berpromosi dan memasarkan produk desa wisata tidak hanya cukup memanfaatkan platform media sosial yang mudah, murah dan gratis, tetapi juga harus mengetahui segmen pasar wisatawan yang disasar termasuk yang paling penting adalah jenis produk wisata yang dipasarkan. Tetapi apakah produk wisata yang ditawarkan memiliki unsur-unsur unik, berbeda dan mempunyai nilai tambah yang tinggi (dampak nilai tambah sosial, ekonomi dan edukasi) baik kepada wisatawan itu sendiri mapun kepada pengelola desa wisata.

Di jelaskan oleh narasumber bahwa istilah kepariwisataan dalam hal mengenalkan, mempromosikan dan menjual produk wisata ada istilah unique selling point atau nilai jual yang unik. Jadi dalam hal pengembangan suatu produk wisata sebelum "melemparkannya' ke pasar wisatawan harus benar-benar diperhatikan tentang jenis produknya apakah memiliki unsur keunikan yang hanya ada di desa wisata Kita, harus ada pembeda dengan produk wisata yang sudah ada dan harus memiliki nilai jual yang tinggi dengan segala narasi dan cerita yang waw dibalik suatupoduk wisata tersebut.

Lalu apa sih pentingnya secara spesifik menentukan uniqu selling point (UPS)ini ? Berikut ulasannya untuk Kita sama-sama berbagi.

Pertama adalah untuk bisa mulai fokus menggali dan mengemas produk wisata yang akan dikembangkan tersebut.

Kedua pentingnya menentukan unique selling point suatu desa wisata adalah bisa menjadi pembeda dan menghindari persaingan menjual produk wisata antar suatu komunitas atau desa wisata. Penting untuk dipahami bahwa banyaknya bermunculan komunitas atau desa wisata saat ini sebenarnya bukan untuk membuat persaingan yang tidak sehat apalagi saling menjelekkan, tetapi sesungguhnya makin banyaknya bermunculan desa wisata justru makin membuka peluang untuk bersinergi, berkolaborasi dan saling berpromosi sehingga diharapkan. dengan adanya pembeda dalam penjualan suatu produk wisata maka lama tinggal wisatawan di suatu destinasi wisata atau daerah tertentu akan makin lama pula.