Malam Tirakatan Pemerintah Kalurahan Pacarejo

16 Agustus 2024
Admin
Dibaca 99 Kali
Malam Tirakatan Pemerintah Kalurahan Pacarejo

pacarejo.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat khususnya di wilayah Kalurahan Pacarejo. Beraneka kegiatan lomba dilaksanakan di seluruh Padukuhan yang berjumlah 28 Padukuhan.

Demikian juga kegiatan yang rutin dilaksanakan hampir seluruh padukuhan yaitu malam tirakatan. Kegiatan tirakatan ini dilaksanakan Jum'at (16/8) mulai pukul 20:00 WIB. Banyak hal dikemas dalam kegiatan tirakatan ini, mulai dari lomba tumpeng, pembagian hadiah, pemutaran film perjuangan dan tentunya kenduri yang merupakan adat tradisi sebagai penutup kegiatan tirakatan yang dilanjutkan dengan makan bersama.

Pemerintah Kalurahan Pacarejo dalam mengisi malam tirakatan melakukan sambang masyarakat dibeberapa Padukuhan. Rombongan dipimpin langsung oleh Lurah Pacarejo beserta ibu, Carik, Kasi, Kaur, Babinsa, Bhabinkamtibmas juga turut ikut serta dalam rombongan Ketua LPMKal Pacarejo.

Padukuhan yang dikunjungi oleh Lurah beserta rombongan secara berturut-turut yaitu Padukuhan Kuwon Lor, Kuwon Kidul, Jonge dan Dengok Kidul. Dalam sambutannya Lurah Pacarejo menekankan dalam mengisi kemerdekaan ini hekekatnya dengan melaksanakan pembangunan, baik pembangunan secara fisik maupun pembangunan rohani. Kemerdekaan  yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu wajib untuk disyukuri dan diisi dengan kegiatan positif untuk memajukan mulai dari lingkup terkecil di wilayah.

Kegiatan yang baik ini akan rutin dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Alloh atas kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia.