Pengajian Isra Miraj 1445H Padukuhan Wilayu Dihadiri Ratusan Jamaah dari Gunungkidul

12 Februari 2024
FERI FEBRIYANTO
Dibaca 83 Kali
Pengajian Isra Miraj 1445H Padukuhan Wilayu Dihadiri Ratusan Jamaah dari Gunungkidul

Wilayu - 07 Februari 2024 - Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM reguler periode XLIV Tim 10 ikut serta dalam kegiatan pengajian Akbar untuk memperingati  Isra Miraj di Masjid Nur Iman Padukuhan Wilayu, Pacarejo, Gunungkidul pada Rabu (07/02/24).

 

Isra Miraj sendiri mengandung makna begitu dalam akan pentingnya ibadah salat sehingga Nabi Muhammad SAW.  menerima Wahyu berisi perintah sholat lima waktu. Bagi umat muslim peristiwa penting ini selalu diperingati sebagai pengingat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

 

"Harapan diselenggarakan acara PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) dalam hal ini adalah Isra Miraj dengan harapan khususnya jama'ah Masjid Nur Iman akan teringat kembali peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam". Kata Rustanto selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Isra Miraj Padukuhan Wilayu.

 

Dalam menjalankan praktik keagamaan, masyarakat sering mencari cara untuk memperkuat ikatan sosial dan spiritual. Salah satu wujud dari upaya ini adalah melalui pengajian akbar, seperti yang di sampaikan salah satu warga Padukuhan Wilayu  Supriati bahwa kegiatan ini diadakan pertama kali di Padukuhan Wilayu, Pacarejo, Gunungkidul.

 

"Pengajian akbar ini diadakan pertama kali di Padukuhan Wilayu, Pacarejo, Gunungkidul semoga acara seperti ini dapat diadakan setiap kali ada hari-hari besar islam" Kata Supriati selalu warga Padukuhan Wilayu.

 

Mulai sejak hari Selasa, tanggal 6 Februari 2024, semangat gotong royong terlihat jelas ketika warga bahu membahu untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan. Pendirian tenda dan panggung tidak hanya sekadar tugas praktis, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan dedikasi dalam menjaga keutuhan dan keagungan perayaan ini.

 

Pada Rabu malam, tanggal 7 Februari 2024, suasana religius kental terasa di Padukuhan Wilayu, Pacarejo, Gunungkidul. Sebanyak lebih dari 500 jamaah berkumpul untuk menghadiri pengajian Akbar yang digelar dengan megah. Tidak hanya warga sekitar, namun juga jamaah dari berbagai wilayah di Kabupaten Gunungkidul turut meramaikan acara tersebut. Kebersamaan semakin terasa dengan kehadiran kepala Dukuh Wilayu, perangkat desa, tokoh agama, dan aparat kepolisian setempat yang turut menyempurnakan kegiatan pengajian.

 

Acara dimulai dengan penampilan qosidah Hadroh Al Barokah, pembukaan, pembacaan ayat suci Al quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh perwakilan dari Tim KKN PPM UMBY 2024, sambutan panitia, sambutan Kalurahan Pacarejo dan acara inti pengajian Akbar yang diisi oleh Kyai Abdurrahman dengan diiringipenampilan Hadroh dari grup Adem Ayem Gunungkidul.

 

Dengan berjalan lancar dan sukses, kegiatan pengajian Akbar ini menorehkan kesan yang mendalam bagi seluruh peserta. Jalanan menuju Masjid Nur Iman dipadati oleh jamaah yang antusias, semakin menambah kekhidmatan acara tersebut. Dengan dukungan cuaca yang menyenangkan, pengajian bersama ini tidak hanya menjadi sarana untuk memperkuat iman, tetapi juga mempererat tali silaturahmi di antara umat Islam.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pengajian Akbar Peringatan Isra Miraj, silahkan hubungi:

 

- Ully Ulfa
- Yayang Sri Lestari
- 085778280731
- ullyulfa8@gmail.com