Sosialisasi Perhimpunan Petani Pengelola Air (P3A) Kalurahan Pacarejo

30 Maret 2023
Admin
Dibaca 224 Kali
Sosialisasi Perhimpunan Petani Pengelola Air (P3A) Kalurahan Pacarejo

Sosialisasi Perhimpunan Petani Pengelola Air (P3A) Pacarejo 

pacarejo.id - Kamis 30 Maret 2023 di Padukuhan Jetis Wetan dilaksanakan sosialisasi terkait penggunaan Air dari bendungan Gelung,dimana bendungan Gelung yang di resmikan Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta , pada Desember lalu.

Sosialisasi yang melibatkan 4 padukuhan,yaitu padukuhan Jetis wetan dan padukuhan Jetis kulon,selain itu warga dari kalurahan Semanu juga mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut,adapun 2 dusun yang ikut menggarap lahan di wilayah blok lor ngomah ,clorot dan Tambakrejo dari luasan 40 Ha.

Dalam sambutannya Lurah Pacarejo, memberikan selamat untuk kelompok perhimpunan petani pengelola air,yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan air yaitu ada 2 benda mati dan benda hidup,benda mati berupa peralatan seperti sible ,genset,pipa ,bak penampungan,untuk yang hidup, semua warga yang menggunakan air tersebut,harus selaras dan saling ngemong.

Yang paling utama yaitu menunjukan kinerja P3A ,adanya irigasi mampu mengayomi,ngademi,ngrakapi ,untuk semua keputusan yang di ambil berdasarkan hasil musyawarah, apabila hasilnya maksimal nantinya akan ada pengusulan untuk kegiatan lainya agar bisa memakmurkan warga masyarakat penggarap lahan di wilayah Jetis.

Dalam pertemuan tersebut juga dipaparkan ,AD ART perhimpunan petani pengelola air (P3A) bendungan Gelung, dan juga struktur organisasi,pada uji coba pertama 50 ribu per jam tetapi tidak mencukupi kebutuhan,untuk selanjutnya di uji coba kembali dengan estimasi harga 70 ribu per jam bisa menutup untuk pembelian bahan bakar,setalah dilakukan uji coba yang kedua dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dikerjakan dan menghasilkan keputusan dalam musyawarah untuk harga per jam 75 ribu rupiah.

Harapannya semoga dengan adanya bendungan Gelung ini dapat bermanfaat dan juga untuk kemaslahatan warga masyarakat Jetis umumnya.