Kelompok 8 KKN – PPM XLIV UMBY melakukan pembagian susu kepada siswa/i TK Aisyah Bustanul Athfal ABA DENGOK, Dengok Lor, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul sebagai bentuk keperdulian terhadap stunting

12 Februari 2024
FERI FEBRIYANTO
Dibaca 100 Kali
Kelompok 8 KKN – PPM XLIV UMBY melakukan pembagian susu kepada siswa/i TK Aisyah Bustanul Athfal ABA DENGOK, Dengok Lor, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul sebagai bentuk keperdulian terhadap stunting

Semanu – Sebagai bentuk nyata dalam keperdulian terhadap stunting, kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) XLIV melakukan pembagian susu kepada siswa/i Taman Kanak – kanak (TK) Aisyah Bustanul Athfal ABA DENGOK, Dengok Lor, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul pada Rabu, 31 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam keperdulian terhadap stunting di Padukuhan Dengok Lor. Kelompok 8 KKN – PPM UMBY XLIV bermaksud memberikan contoh kecil kepada masyarakat untuk lebih perduli terhadap Stunting di lingkungan Padukuhan Dengok Lor.

Pemberian susu dalam program ini dilakukan setiap sesi pembelajaran. Produk susu dipilih karena: Susu kaya akan kalsium dan protein yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk untuk mencegah stunting. Susu mudah diolah dan didistribusikan, serta susu guna untuk memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna.

Kelompok 8 KKN UMBY berencana untuk melanjutkan program pencegahan stunting di Padukuhan Dengok Lor dengan: Penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang stunting, termasuk penyebab, dampak, dan pencegahannya.Pemantauan dan pendampingan kepada keluarga yang memiliki anak berisiko stunting. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses terhadap makanan bergizi.

Kelompok 8 KKN – PPM UMBY XLIV berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari proses persiapan, pendataan, pelaksanaan, serta dokumentasi selama kegiatan berlangsung.

Tenaga pengajar berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan dan pengarahan kepada siswa/i TK Aisyah Bustanul Athfal ABA DENGOK. Siswa/i yang datang melakukan berbagai kegiatan pengecekan kesehatan seperti pengukuran tinggi badan, dan berat badan. Setidaknya terdapat lebih dari 20 siswa/i yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Kepala Padukuhan Dengok Lor berperan aktif dalam hal keberlanjutan kegiatan ini, sehingga pada saat selesai melaksanakan KKN – PPM XLIV, program kerja ini dapat terus berjalan dalam upaya pencegahan stunting dan dalam upaya memuhi 4 sehat 5 sempurna.

Ibu Tari, selaku tenaga pengajar TK Aisyah Bustanul Athfal ABA DENGOK, Padukuhan Dengok Lor, menyampaikan apresiasi terhadap keperdulian mahasiwa/i KKN yang perduli terhadap stunting di lingkungan Padukuhan Dengok Lor.”Program dari kelompok 8 sudah bagus untuk membantu pencegahan stunting di daerah kami. Harapan kami ada kelanjutannya dari program ini”.

Pak Kumoro, selaku Kepala Dukuh di Padukuhan Dengok Lor memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN dalam kegiatan ini yang perduli terhadap stunting di lingkungan Padukuhan Dengok Lor. “Program ini sudah bagus dan diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat di padukuhan Dengok Lor untuk lebih perduli terhadap stunting”.

Ardhika Falaahudin, S.Pd.Jas., M.Or. selaku DPL KKN – PPM Kelompok 8 menyatakan “Tanggapan saya terkait dengan stunting itu bagus, sangat medukung dengan program kerja kalian, karena program stunting itu juga sangat mendukung dengan program Gunung Kidul terutama di Semanu, karena angka stunting di Semanu itu sangat tinggi.Jadi, dengan adanya program pembagian susu terkait dengan angka stunting, berarti seiring dengan program pemerintah dan medukung program pemerintah untuk mengurangi angka stunting di Indonesia, khususnya di Semanu. Harapannya dengan program ini warga jadi lebih peka terhadap arti stunting untuk anak – anaknya”.

Erick Ginting Jawak selaku ketua kelompok 8 KKN – PPM XLIV menyatakan: "Kami bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak di Padukuhan Dengok Lor dan membantu mencegah stunting. Kami juga berharap program ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih perduli terhadap stunting."

Kegiatan dari Tim KKN ini adalah bagian dari dedikasi tim untuk memberikan contoh kecil bentuk keperdulian stunting untuk kepentingan masyarakat. Kami percaya bahwa contoh kecil ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.