GIAT MAHASISWA KKN UMBY Kelompok 67 untuk Mewujudkan Peternakan Penunjang Pangan

21 Agustus 2023
admin
Dibaca 72 Kali
GIAT MAHASISWA KKN UMBY Kelompok 67 untuk Mewujudkan Peternakan Penunjang Pangan

GIAT MAHASISWA KKN UMBY Kelompok 67 untuk Mewujudkan Peternakan Penunjang Pangan

Pacarejo.id - WUJUDKAN PETERNAKAN PENUNJANG PANGAN INDONESIA:

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 67 Mengadakan Sosialisasi, Pemberian Obat Cacing serta Pelatihan Langsung Pembuatan Silase dan Fermentasi Pakan Ternak.

Pakan merupakan asupan makanan yang diberikan kepada hewan ternak (peliharaan). Pakan berkualitas adalah pakan yang kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitaminnya seimbang. Kelompok 67 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan waktu persiapan hingga pelaksanaan selama hampir dua minggu di Dusun Kuwangen Kidul, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul pada hari sabtu, (05/08/2023).

 

BPS Gunung Kidul Kecamatan Semanu 2020 mencatat jumlah sapi potong mencapai 9.929 dan kambing 13,659. Jumlah tersebut telah meliputi jumlah ternak dari setiap kelurahan dan padukuhan yang ada di Semanu salah satunya Kelurahan Pacarejo, Dusun Kuwangen Kidul. Profesi ternak sapi dan kambing menjadi profesi terbanyak setelah pertanian yang digeluti warga Dusun Kuwangen Kidul. Jumlah Ternak sapi di Kuwangen Kidul sendiri mencapai 32 ternak dan kambing kurang lebih mencapai 300 ternak.

Berdasarkan data tersebut tim KKN memutuskan untuk membuat program kerja dengan memberikan sosialisasi terkait manajemen pemeliharaan ternak, manajemen kandang, manajemen pakan, dan manajemen kesehatan ternak. Sosialisasi tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemberian obat cacing pada ternak yang ada di Dusun Kuwangen Kidul.

Antusias yang tinggi diberikan warga terkhususnya para peternak kepada tim KKN dengan diadakannya kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan warga yang aktif bertanya terkait cara pembuatan silase, konsentrat, dan fermentasi. Menyikapi pertanyaan tersebut, tim KKN membuat langkah dengan penyebaran brosur dan pelatihan bagaimana cara pembuatan silase, fermentasi dan konsentrat secara langsung dengan bekerja sama dengan para peternak di Dusun Kuwangen Kidul.