KALURAHAN PACAREJO LAKSANAKAN GPS (GERAKAN PEMBELASUNGKAWA)

19 September 2023
admin
Dibaca 118 Kali
KALURAHAN PACAREJO LAKSANAKAN GPS (GERAKAN PEMBELASUNGKAWA)

Pacarejo.id - Dalam rangka tertib administrasi serta untuk meningkatkan pelayanan yang baik bagi warga masyarakat, Pemerintah Kalurahan Pacarejo melaksanakan GPS  (Gerakan Pambelasungkawa). Gerakan ini  merupakan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul. Inovasi ini bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya bagi warga yang sedang berkabung karena anggota keluarganya ada yang meninggal dunia.

Dengan adanya GPS ini    Lurah, Carik, Bhabinkamtibmas, Babinsa, atau petugas lain yang ditunjuk untuk ta'ziyah tidak saja datang dengan tangan hampa tetapi sudah membawa akte kematian, dan Surat dari Bupati Gunungkidul yang berisi ucapan belasungkawa kepada keluarga yang berduka. Hal ini butuh kerja bareng dengan wilayah dan operator. Apabila ada warga yang meninggal segera mengirim Foto KTP dan KK sehingga lansung diproses oleh operator desa/kalurahan

   Kerjasama antara Pemerintah Kalurahan Pacarejo dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul tidak hanya sebatas akte kematian dan kartu keluarga saja, tetapi kebutuhan warga masyarakat Pacarejo atas KIA dan akte kelahiran bisa juga dilayani di kantor kalurahan dengan syarat –syarat yang lengkap dan tidak bermasalah.