Pacaredjo Tempo Doeloe Menyemarakkan Kirab Budaya Kapanewon Semanu

30 Agustus 2023
Admin
Dibaca 203 Kali
Pacaredjo Tempo Doeloe Menyemarakkan Kirab Budaya Kapanewon Semanu

       Pacarejo.id , Sabtu (19/08/2023), Kapanewon Semanu menggelar kirab budaya dalam rangka Semarak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 78. Acara tersebut diramaikan oleh 5 desa di Kapanewon Semanu yakni Kalurahan Semanu, Kalurahan Pacarejo, Kalurahan Candirejo, Kalurahan Dadapayu, dan Kalurahan Ngeposari. Pelaksanaan kirab berjalan meriah, masing-masing Kalurahan mengusung tema yang berbeda. Salah satunya Kalurahan Pacarejo dengan tema “Pacaredjo Tempo Doeloe”. Pemilihan tema dilakukan untuk mencerminkan Kalurahan Pacarejo pada zaman dulu, baik dari segi pakaian, aksesoris maupun kesenian yang dimilikinya. Hal tersebut ditampilkan pada saat kirab budaya Kalurahan Pacarejo terdapat pasukan bregodo yang dipimpin oleh Lurah Pacarejo, Bapak Suhadi.

          Selanjutnya diikuti perangkat atau pamong kelurahan dengan mengenakan pakaian hacinco. Sementara masyarakat Kalurahan Pacarejo yang mengikut kirab budaya menggunakan pakaian kebaya, surjan, lurik, dan pakaian zaman dulu lainnya. Serta, terdapat berbagai kelompok tani yang turut serta dalam kirab budaya dengan membawa berbagai jenis tanaman yang diletakkan dalam tenggok bambu. Selain itu, masyarakat Kalurahan Pacarejo juga turut menyemarakkannya dengan menampilkan kesenian reog, tari topeng, kesenian doger, kesenian toklik, kesenian jathil dan kesenian angklung.

        Kirab Budaya berlenggang dimulai dari Lapangan Triwanasakti Semanu hingga Kantor Kapanewon Semanu dengan rute yang melewati rumah warga. Peserta kirab budaya berjalan kaki dan naik kendaraan roda empat untuk membawa iringan musiknya. Kirab budaya ini diharapkan tak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat, namun juga sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya lokal, melestarikan kebudayaan, dan mengingatkan kepada generasi muda tentang “Pacaredjo Tempo Doeloe"