Bersih Dusun Kuwon

04 Mei 2023
Suhari
Dibaca 186 Kali
Bersih Dusun Kuwon

Pacarejo.id - Bersih Dusun atau sering  disebut dengan  rasulan merupakan ritual budaya yang masih di laksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat sampai dengan saat ini. Rasulan atau bersih dusun  merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah diberikan baik yang berupa hasil bumi ataupun nikmat - nikmat yang lainnya. 

Bersih dusun Kuwon, kegiatan bersih dusun yang dilaksanakan oleh 4 Padukuhan yaitu Padukuhan Kuwon Lor, Kuwon Tengah, Kuwon Kidul dan Cempluk. Rangkaian acara dimuali dari hari Minggu 30 April 2023 sampai dengan hari Kamis 04 Mei 2023. Agenda Bersih Dusun Kuwon meliputi beberapa rangkaian kegiatan diantaranya: Pengajian, Jathilan, Tayub, Kethoprak, Kenduri, Reog, Wayang Kulit, Orkes Dangdut, Kegaitan Olah Raga dan Bazar.

Kegiatan Pengajian akbar  dilaksanakan di Kuwon kidul oleh Ustad Ali Muhtar, S.Ag. dariKarangmojo, dalam tausiahnya sampaikan  bahwa makna Bersih Dusun hakikatnya bukan hanya  bersih lahir saja tapi  bersih lahir  dan  batin. Dari jiwa-jiwa yang bersih ini nantinya dapat menghantarkan keberkahan dimasyarakat khususnya di Kuwon lor, Kuwon tengah, Kuwon Kidul dan Cempluk.

Pada hari berikutnya dilaksanakan pentas seni Jathilan Cahyo Krido Satriyo di Padukuhan Cempluk dengan  menampilkan kesenian Jathilan kreasi yang  merupakan kolabarasi  dari pelastari Jathilan  di  Padukuhan Kuwon. Kesenian berikutnya adalah Janggrung atau ada yang menyebutnya Tayub, dilanjutkan dengan  pentas Kethoprak Mataram  Mekar Budaya dimalam harinya. Acara siang harinya dilanjutkan adat tradisi Kenduri. Ritual Kenduri masyarakat bertempat di Balai Kalurahan Pacarejo dalam  acara tersbut juga  dihadiri oleh Jajaran dari Kapanewon Semanu, Lurah Pacarejo serta Pamong Kalurahan. Diwaktu yang bersamaan juga ada kesesina Reog yang dipentaskan dikeempat Padukuhan Kuwon. Pada hari Rabu malam kegiatan Bersih Dusun dilanjutkan dengan pentas wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Sumarno Purbo Carito dengan mengambil kisah  Wahyu Godo inten. Puncak acara bersih   dusun  dilaksanakan   pada  hari ini   Kamis 04 Mei 2023 dengan agenda  kegaiatan pentas seni Dangdut dari serangkaian acara tersebut juga dilaksanakan kegiatan Bhakti sosial atau   bazar dan  kegiatan -  kegiatan  olah  raga.

Masyarakat berharap dengan adanya kegiatan Bersih Dusun ini ditahun yang akan datang Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberikan nikamat yang lebih banyak dan juga keberkahan.