Koordinasi Stunting

21 Juli 2023
admin
Dibaca 125 Kali
Koordinasi Stunting

Pacarejo.id -Jum’at, 21 Juli 2023 Pemerintah Kalurahan Pacarejo Kapanewon Semanu terus berupaya dalam penurunan angka stunting. Hal ini sejalan dengan Program Nasional dalam percepatan penurunan angka stunting. Kali ini pemerintah Kalurahan Pacarejo melaksanakan rapat koordinasi pembahasan stunting di aula Kalurahan Pacarejo yang diikuti Kepala PLKB Kapanewon Semanu, Hudoyo, S.Sos, dan Kader Kesehatan Pacarejo. Adapun materi yang dibahas yakni antara lain cara penanganan stunting ada 2 macam, penanganan dalam bentuk pengobatan dan penanganan dalam bentuk pencegahan.

Keluarga stunting yaitu keluarga yang beresiko melahirkan anak stunting,kemudian untuk menangani hal tersebut Pemrintah Kabupaten telah membentuk tim pemberantasan stunting dari Kabuparen,Kapanewon, maupun Kalurahan.

Data keluarga resiko stunting perlu di update untuk pencegahan stunting ,dalam data tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adanya  rumah tidak layak huni, jambanisasi,air bersih,jaminan kesehatan,makanan bergizi,alat kontrasepsi yang digunakan, pasangan usia subur,PMT ibu nifas dll. Pada pertemuan hari ini baik dukuh maupun kader mengisi form pendataan untuk mengetahui apakah data yang di berikan sudah sesuai atau belum sehingga  nantinya dapat dipertanggungjawabkan

Harapan dari pertemuan ini untuk mencocokan data agar dapat diolah secara benar dan tepat,dengan tujuan supaya Kalurahan Pacarejo bebas dari stunting,menjadikan masyarakat yang sehat.