TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU UMKM , MAHASISWA KKN UAD ADAKAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING

22 Februari 2023
admin
Dibaca 122 Kali
TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU UMKM , MAHASISWA KKN UAD ADAKAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING

Mahasiswa KKN Reguler periode ke-101 UAD unit XXVIII.A.1 mengadakan pelatihan digital marketing untuk para pelaku UMKM yang ada di Kalurahan Pacarejo pada Senin (13/02/23). Acara bertempat di Balai kalurahan Pacarejo dan merupakan program kolaborasi antara unit A1 yang ditempatkan di Dukuh Wilayu, Unit A2 di Dukuh Jasem Kidul dan unit A3 di Dukuh Trukan Ngampo. Dengan mengangkat tema “Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kesejahteraan Para Pelaku Usaha di Kalurahan Pacarejo”, acara dihadiri oleh para pelaku UMKM, ketua RT/RW, kepala Dukuh dan karang taruna di lingkungan Kalurahan Pacarejo serta dibuka langsung oleh kepala Lurah Pacarejo.

    Suhadi selaku kepala Lurah Pacarejo menuturkan bahwa acara pelatihan digital marketing ini sangat tepat sasaran mengingat di Kalurahan Pacarejo sendiri jumlah UMKM yang terdata hingga tahun 2022 saja mencapai 800an UMKM, yang terdiri dari berbagai bidang usaha seperti usaha makanan, furniture, fashion, hingga usaha di bidang agribisnis. “Pada tahun 2023 ini, semua jenis usaha akan kita lakukan pendataan, mulai dari penjual cilok, penjual pulsa, pemilik toko kelontong, pengusaha mebel, akan kita fasilitasi semua melalui website pacarejo.id, sehingga nanti para konsumen tidak perlu lagi mencari dimana lokasi tempat usaha, kalo lagi perlu jasa atau mau mencari makanan tinggal cek di website tersebut,” tambahnya.

    Adapun yang menjadi pemateri dari acara pelatihan digital marketing ini adalah dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari 3 unit KKN yang ditempatkan di kalurahan Pacarejo, yaitu Suryana Hendrawan, S.E., M.B.A. Suryana mengatakan bahwa ada 3 aspek penting dan utama dari konsep digital marketing yaitu traffic, conversion dan relationship.

“Kegunaan traffic adalah bagaimana caranya orang bisa masuk atau datang ke website kita atau WA kita ataupun landingpage kita. Kegunaan conversion adalah bagaimana yang datang memutuskan untuk membeli. Sedangkan Kegunaan relationship adalah yang sudah membeli memutuskan membeli lagi,” Ujar Suryana dalam penyampaian materi.

   Di samping menyampaikan materi terkait konsep digital marketing, Suryana juga melakukan praktek secara langsung kepada para peserta pelatihan, seperti praktek cara membuat desain di canva, cara membuat link untuk informasi usaha di web linktree dan praktek pengelolaan website agar terlihat menarik oleh konsumen.

 Perwakilan panitia pelaksana, Muhammad Maulidan turut menuturkan, “salah satu alasan panitia dari mahasiswa KKN UAD mengadakan kegiatan pelatihan digital marketing ini dilatarbelakangi oleh potensi UMKM yang sangat besar di Kalurahan Pacarejo, namun masih minim penerapan konsep digital marketing,” ungkapnya.

  Para pelaku UMKM yang menjadi peserta dalam acara ini sangat mengapresiasi dan juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Hermansyah, salah satu peserta pelatihan dan pemilik usaha salon di Dukuh Wilayu juga turut memberi tanggapan atas terlaksananya kegiatan ini. Beliau mengungkapkan bahwa acara seperti ini baru pertama kali diadakan di Kalurahan Pacarejo dan merupakan pengalaman yang luar biasa karena dengan adanya kegiatan ini, beliau bisa mengetahui berbagai teknik pemasaran dalam konsep digital marketing. “Banyak informasi yang saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini, sebelumnya saya belum mengenal apa itu canva, linktree dan beberapa media digital lainnya, untuk promosi usaha biasanya saya menggunakan jasa desain grafis dari luar, seperti untuk keperluan membuat spanduk, dan sebagainya. Tapi setelah adanya acara ini, saya rasa tidak terlalu susah untuk melakukan itu semua sendiri,” ungkap hermansyah, melalui wawancara yang dilakukan oleh panitia pada hari selasa (14/02/23).

Respons dari peserta pelatihan digital marketing ini, terbilang positif. Mereka terlibat aktif dalam kegiatan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan berdiskusi secara terbuka terkait topik yang disampaikan oleh pembicara. Melalui program pelatihan ini, tim Unit XXVIII.A.1 berharap materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut dapat diterapkan dan bisa mempermudah masyarakat dalam mengembangkan UMKM sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Kalurahan Pacarejo (mld).