Gerakan Pambelasungkawa (GPS)

16 Februari 2023
Admin
Dibaca 208 Kali
Gerakan Pambelasungkawa (GPS)

   Gerakan Pambelasungkawa atau yang biasa disingkat GPS adalah sebuah gerakan berupa inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul. Inovasi ini bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya bagi warga yang sedang berkabung karena anggota keluarganya ada yang meninggal dunia.

 

  Paska Kalurahan Pacarejo menandatangani MoU dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul, maka kalurahan Pacarejo menjadi bagian dari suksesnya inovasi tersebut. Mengapa disebut demikian? Sebab ketika ada warga masyarakat Pacarejo yang meninggal dunia, maka tim admin dan operator yang sudah ditetapkan melalui SK lurah langsung jemput bola berkoordinasi dengan Dukuh setempat untuk mengakses data warga yang meninggal tersebut dan kemudian data diteruskan kepada petugas di Dinas Dukcapil GK untuk dientry dan beberapa menit kemudian akte kematian dikirim kepada petugas kalurahan Pacarejo dengan file PDF.

 

   Lurah, Carik, Babinkamtibmas, Babinsa, atau petugas lain yang ditunjuk untuk ta'ziyah tidak saja datang dengan tangan hampa tetapi sudah membawa akte kematian, Kartu Keluarga, dan Surat dari Bupati Gunungkidul yang berisi ucapan belasungkawa kepada keluarga yang berduka. 

 

   Kerjasama antara Pemerintah Kalurahan Pacarejo dengan Dinas Dukcapil Gunungkidul tidak hanya sebatas akte kematian dan kartu keluarga saja, tetapi kebutuhan warga masyarakat Pacarejo atas KIA dan akte kelahiran bisa juga dilayani di kantor kalurahan.

 

   Dalam sambutannya Lurah Pacarejo Suhadi ketika menyerahkan akte kematian kepada Dukuh Piyuyon Feri Febriyanto yang hari ini Kamis 16 Februari 2023 tengah berkabung karena ayahnya meninggal dunia, Suhadi mengatakan selain datang untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya almarhum Bapak Bowo Wijanji juga menyampaikan kepada warga masyarakat atas inovasi dan kerjasama yang dilakukan ini semata-mata bertujuan memberikan kemudahan dan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain juga menyampaikan pesan Bupati Gunungkidul yang juga turut berbelasungkawa.

 

   Inovasi dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Pacarejo terus akan ditingkatkan untuk menyongsong Pacarejo yang berkemajuan demikian pungkas Suhadi.