Posyandu Lansia Padukuhan Kuwon Kidul

21 Januari 2023
Admin
Dibaca 151 Kali
Posyandu Lansia Padukuhan Kuwon Kidul

pacarejo.id - Pada hari Jum'at, 20 Januari 2023 menindaklanjuti kegiatan rapat koordinasi antara Pemerintah Kalurahan Pacarejo dan UPT Puskesmas Semanu II yang telah dilaksakan pada hari Kamis 12 Januari 2023 terkait dengan inovasi Gelas Berlian Sinuri (Gerakan Lansia Sehat Berdaya Lindungi Ancaman Aksi Bunuh Diri) kegiatan posyandu Lansia di Kalurahan Pacarejo mulai diaktifkan kembali.

Sebagai salah satu dari enam Padukuhan yang dijadikan sampel projek kerjasama kegiatan antara UPT Puskesmas Semanu II dan Pemerintah Kalurahan Pacarejo, kader Posyandu Lansia dibantu oleh Kader RT Padukuhan Kuwon kidul telah memulai kegiatan Posyandu Lansia yang dilaksanakan di Balai Padukuhan. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dukuh Kuwon Kidul dengan mengajak para lansia untuk berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia yang ada di Padukuhan Kuwon Kidul.

Sebanyak 79 lansia turut ambil bagian dalam kegiatan posyandu Lansia yang diberi nama "SUMELEH". "Sumeleh merupakan kata bahasa jawa yang maknanya kurang lebih adalah berserah, rela dan ikhlas; sudah sepuh ya harus berserah, lebih mendekatkan diri kepada yang kuasa, rela misal giginya sudah ompong, dan ikhlas menerima semuanya", demikian kata Dukuh Kuwon Kidul.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pengecekan tensi darah dan menimbang berat badan. Dari data-data yang diperoleh nantinya akan didiskusikan dengan ahlinya dalam hal ini adalah UPT Puskesmas Semanu II yang kemudian akan ditentukan tindakan selanjutnya seperti apa.

Kegiatan Posyandu Lansia ini akan dilaksanakan rutin ditanggal 20 setiap bulannya, dengan harapan kondisi lansia yang ada di Padukuhan Kuwon Kidul akan terpantau minimal berat badan juga tensi darahnya. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi wadah interaksi bagi lansia sehingga akan memberikan dampak yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.