Pacarejo Siaga Bencana

30 November 2022
Admin
Dibaca 304 Kali
Pacarejo Siaga Bencana

Hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah Gunungkidul membuat beberapa wilayah tergenang air, begitu juga di Kalurahan Pacarejo. Hujan yang turun sejak dini hari dipenghujung bulan November ini membuat beberapa wilayah di Kalurahan Pacarejo tergenang air khususnya di wilayah daratan yang rendah.

Hasil pantauan dari WAG Kalurahan Pacarejo, juga Relawan Pacarejo beberapa wilayah melaporkan adanya genangan air (munung). Namun demikian hal tersebut nasih terbilang aman meskipun tetap harus waspada.

Lurah Pacarejo Suhadi sedari pagi telah memantau langsung titik-titik rawan genangan yang ada di Kalurahan Pacarejo. Titik-titik lokasi yang dulu tergenang akibat badai cempaka ditahun 2017 yang lalu secara tidak langsung telah memetakan lokasi rawan yang ada di Kalurahan Pacarejo.

Musibah yang telah berlalu menjadikan seluruh lapisan, Pemerintah Kalurahan, Organisasi, Relawan, dan juga Warga masyarakat selalu siap siaga dalam menghadapi kejadian bencana. 

Musim hujan yang diperkirakan belum mencapai puncaknya, menjadikan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu siap siaga, saling memberikan informasi baik dari wilayah Padukuhan masing-masing, juga informasi BMKG yang selalu diupdate oleh Relawan Pacarejo agar mudah dalam memantau kejadian-kejadian yang diprediksi akan tiba di wilayah Gunungkidul, dan Kalurahan Pacarejo khususnya.

Kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana menjadi sebuah keharusan dan telah ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat di Kalurahan Pacarejo. Selain penanaman kesiap-siagaan, juga dihimbau untuk melakukan langkah-langkah menjaga kebersihan lingkungan, menebang ranting-ranting pohon yang diperkirakan membahayakan, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk meminimalisir resiko bencana. 

Dengan demikian, semoga wilayah Kalurahan Pacarejo senantiasa aman terkendali.