Program Edukasi Stunting dan KPSP di Padukuhan Kuwangen Kidul

09 Agustus 2024
Admin
Dibaca 72 Kali
Program Edukasi Stunting dan KPSP di Padukuhan Kuwangen Kidul

pacarejo.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 27 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta meluncurkan program “Edukasi Stunting dan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan)’’ untuk membantu mengedukasi mengenai stunting dan KPSP kepada masyarakat di Padukuhan Kuwangen Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul Yogyakarta yang ditujukan kepada ibu dan anak-anak. Program ini digulirkan dalam rangka untuk mengurangi tingkat stunting dan melihat perkembangan anak yang ada di Padukuhan Kuwangen Kidul.

Stunting masih menjadi permasalahan kesehatan yang disorot di Indonesia bahkan menjadi isu prioritas nasional. Pemerintah telah mencanangkan prevalensi stunting turun hingga 14 persen sebagai target nasional pada 2024. Dukuh  Kuwangen Kidul menuturkan bahwa masyarakat masih butuh edukasi kembali mengenai stunting. Stunting memiliki dampak untuk anak yaitu anak akan mengalami masalah perkembangan dalam hal tumbuh kembang menjadi tidak optimal. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menurunkan angka stunting adalah peran orang tua itu sendiri. Pola asuh yang erat kaitannya dengan pengetahuan yang dimiliki para ibu memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian stunting pada balita.

Kegiatan telah terlaksana pada hari Jum’at, 2 Agustus 2024 yang berlokasi di Balai Padukuhan Kuwangen Kidul, yang dihadiri oleh 30 partisipan. Untuk sesi pertama, yaitu psikoedukasi stunting yang menerangkan gambaran umum mengenai stunting (pengertian, faktor, bahaya stunting), cara mencegah stunting pada anak. Pemberian edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para ibu serta memberikan kesadaran bahwa pencegahan stunting penting untuk dilakukan dan tidak dihiraukan begitu saja.

Setelah sesi psikoedukasi, dilanjutkan dengan menjelaskan gambaran umum mengenai Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). KPSP adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi dini gangguan perkembangan pada anak-anak. Tidak hanya teori, para mahasiswa juga melakukan pelaksanaan KPSP bersama ibu-ibu dan anak-anak yang hadir. Kegiatan pelaksanaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada para ibu dalam memantau perkembangan anak-anak mereka sehari-hari dan segera merujuk ke rumah sakit/puskesmas apabila terdapat keterlambatan dalam perkembangan dan tumbuh kembang anak.

Diharapkan melalui kegiatan ini, Masyarakat Padukuhan Kuwangen Kidul semakin sadar akan pentingnya pemantauan perkembangan anak dan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah stunting serta dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Kontributor KKN UMBY kelompok 27 Kuwangen Kidul