PELAKSANAAN KEGIATAN RASULAN PADUKUHAN DENGOK

03 Juli 2023
Admin
Dibaca 106 Kali
PELAKSANAAN KEGIATAN RASULAN PADUKUHAN DENGOK

DISUSUN OLEH :

MAHASISWA KKN 79.024.GK

DENGOK LOR

Rasulan merupakan sebuah bentuk kegiatan yang umum dijumpai di daerah Gunungkidul pada khususnya. Rasulan sendiri merupakan sebuah kegiatan ucap syukur kepada Tuhan yang maha esa atas berlimpahnya hasil panen dalam kurun waktu tertentu. 

Pada bulan ini, Kegiatan rasulan diadakan oleh padukuhan dengok yang terdiri atas 4 padukuhan antara lain: Dengok Lor, Dengok Kidul, Trukan dan Ngampo. Yang dipimpin oleh Padukuhan Trukan sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan rasulan pada tahun ini.

Kegiatan rasulan diawali dengan melakukan kerja bakti bersih dusun, seperti yang dilakukan oleh warga dengok lor yang dibantu oleh mahasiswa KKN dari UPN “Veteran” Yogyakarta untuk membersihkan pekarangan rumah hingga situs budaya candi dengok.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pengajian akbar dan pertunjukan kesenian seperti jathilan, pertunjukan kethoprak, pertunjukan wayang dan Thoklek. Puncak dari acara ini jatuh pada hari minggu, 25 Juni 2023 dimana setiap padukuhan yang merayakan rasulan melaksanakan kegiatan kumpul bersama sanak saudara, kerabat dan bahkan kedatangan beberapa mahasiswa KKN sebelumnya untuk ikut merayakan kegiatan yang hanya dapat dijumpai di gunungkidul setiap tahunnya. Tenttu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan tahunan rasulan ini. Terutama bagi kalangan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di kelurahan Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.