Sosialisasi Bahaya Gadget bagi Anak dari KKN UMBY untuk Warga Wilayu

12 Agustus 2024
Admin
Dibaca 47 Kali
Sosialisasi Bahaya Gadget bagi Anak dari KKN UMBY untuk Warga Wilayu

pacarejo.id - Mahasiswa KKN kelompok 30 Universitas Mercu Buana Yogyakarta di Padukuhan Wilayu, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul mengadakan sosialisasi mengenai Bahaya Gadget terhadap anak-anak Usia Dini. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Padukuhan Wilayu dan diikuti oleh ibu-ibu Warga Padukuhan Wilayu pada Minggu (04/08).

Sosialisasi dengan bertemakan “Bahaya Gadget Bagi Anak Usia Dini”, kegiatan ini ditujukan untuk ibu – ibu Dusun Wilayu yang memiliki anak usia dini dengan usia 3 hingga 8 tahun. Salah satu langkah sederhana menjadi bentuk nyata partisipasi aktif kepada masyarakat di lingkungan agar dapat bermanfaat menyadarkan pentingnya bahaya gadget bagi masyarakat secara penuh dan komperhensif. Hal ini dapat dicapai dengan menerapkan positive sosialisasi untuk menarik atensi publik.

Dalam sosialisasi tersebut, anggota Kelompok KKN 30 UMBY sebagai pemateri. Pemateri pun menjelaskan tentang pengaruh gadget terhadap anak – anak mulai dari faktor pendorong, dampak negative maupun positif dalam aspek sosial dan kesehatan serta solusi dalam menghadapi candu gadget pada anak-anak saat ini. Tujuan diadakan nya sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi dan pengetahuan bagaimana dampak positif dan negatif dari smartphone, serta apa saja yang mempengaruhi anak dalam kecanduan gadget. Ketika pemateri menyampaikan materi tersebut, ibu-ibu sangat antusias untuk bertanya. 

Mahasiswa KKN kelompok 30 UMBY berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi anak-anak dan orang tua. Gadget dapat membawa dampak baik maupun dampak buruk, salah satu dampak yang sangat marak dalam kehidupan anak zaman sekarang yaitu mulai hilangnya interaksi sosial serta tingkat kemalasan yang sangat tinggi. Mereka kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan peserta adalah "bagimana orangtua yang bekerja meluangkann waktu memberikan perhatian untuk anaknya?”. Berdasarkan tanggapan pemateri, menuturkan bahwa “ Jika dalam memberikan perhatian adalah dapat dengan melalui komunikasi secara tidak langsung, baik melalui media chat ataupun telefon disaat anak sedang mendapatkan waktu untuk mengakses gadget. Ketika orang tua telah Kembali dari kesibukan beraktivitas, dapat berinteraksi dengan anak untuk membangun interpersonal dirumah”. Tentunya, hal ini seirimg dengan pemantauan sikap terhadap anak-anak agar mereka dapat mengetahui seberapa waktu yang diberikan oleh orang tua untuk mengakses gadget. 

Harapannya, dengan program KKN-PPM XLV Kelompok 30 Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini bisa membantu mengurangi penggunaan gadget pada anak usia dini di Padukuhan Wilayu, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Kontributor: KKN UMBY Kelompok 30 Padukuhan Wilayu