Pelatihan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM

06 Mei 2023
Admin
Dibaca 214 Kali
Pelatihan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM

    Pacarejo.id - Sabtu, 06 Mei 2023 UPT Puskesmas Semanu II melaksanakan kegiatan Pelatihan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi Kader Posbindu (Pos Binaan Terpadu) di Padukuhan Kuwon Kidul Kalurahan Pacarejo Kapanewon Semanu.

    Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Dinas Kesehatan tentang PTM yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Semanu II dengan menunjuk beberapa Padukuhan di Wilayah Kalurahan Pacarejo. 

   Kegiatan pertama dilaksanakan di Padukuhan Kuwon Kidul dengan melibatkan 10 orang kader Padukuhan. Sesuai agenda, kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan secara berturut-turut di Padukuhan Kuwangen Kidul, Cempluk, Kuwon Lor dan Pacing Kidul.

   Dalam sambutannya Dukuh Kuwon Kidul mengucapkan terimakasih kepada UPT Puskesmas Semanu II yang telah memberikan kesempatan kepada kader Padukuhan Kuwon Kidul untuk mendapatkan pelatihan PTM ini. Harapannya kedepan kader-kader yang telah dilatih akan menjadi mentor bagi kader yang lain, juga mampu memberikan layanan secara langsung kepada masyarakat.

   Kepala UPT Puskesmas Semanu II bapak Hery Sudaryanto, S.Kep.Ners.,MM menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas hadir menjadi pendamping bagi kader-kader untuk menjalankan pos binaan terpadu (posbindu) di Padukuhan. Pemerintahan melalui Dinas Kesehatan juga akan memberikan Posbindu Kit sebagai penunjang kegiatan.

  Sebagai narasumber dikegiatan pelatihan ini adalah dr. Agnes Fitri Gotami dan Tim dari UPT Puskesmas Semanu II. Dalam pelatihan ini kader diberikan penjelasan secara teori tentang cara deteksi dini dan faktor resiko PTM juga melakukan praktik secara langsung. Secara bergantian Tim dari UPT Puskesmas Semanu II memberikan penjelasan juga praktik secara langsung, mulai dari cara menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, lingkar perut, mengecek tekanan darah, juga praktik mengecek gula darah dan kolesterol.

     Kegiatan yang dikemas dengan santai namun serius menjadikan peserta pelatihan nampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan sesi foto bersama agar sinergi antara Tim UPT Puskesmas Semanu II dan Kader Padukuhan Kuwon Kidul semakin kompak.