Launching Posyandu Lansia Inovasi Gelas Berlian Sinuri

09 Maret 2023
Admin
Dibaca 168 Kali
Launching Posyandu Lansia Inovasi Gelas Berlian Sinuri

Pacarejo.id - UPT Puskesmas Semanu II dan Pemerintah Kalurahan Pacarejo merealisasikan kegiatan inovasi Gerakan Lansia Sehat Berdaya Lindungi Ancaman Aksi Bunuh Diri atau lebih populer dengan sebutan Gelas Berlian Sinuri. Realisasi kegiatan tersebut dilakukan dengan membentuk dan mengaktifkan kembali Posyandu Lansia di 6 Padukuhan sampel di Kalurahan Pacarejo.

Kamis 9 Maret 2023 kegiatan launching Posyandu Lansia dilakukan di Balai Padukuhan Kuwon Kidul yang juga merupakan Padukuhan sampel kegiatan inovasi Gelas Berlian Sinuri ini. Kegiatan dimulai dengan melakukan senam bersama lansia.

Dalam sambutannya Lurah Pacarejo Suhadi mendukung sepenuhnya inovasi bersama dari UPT Puskesmas Semanu II. Lansia menjadi prioritas dari Kalurahan Pacarejo selain isu utama yaitu Stunting. Upaya-upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Pacarejo dengan fokus kepada ibu hamil, stunting, dan tentunya lansia.

Kepala UPT Puskesmas Semanu II Hery Sudaryanto, S.Kep.,Ners., M.M. dalam sambutan juga paparannya menyampaikan kegiatan inovasi tersebut dilakukan dilingkup wilayah kerja UPT Puskesmas Semanu II yaitu Kalurahan Pacarejo dan Kalurahan Candirejo. Di Kalurahan Pacarejo enam padukuhan yang menjadi sampel adalah Padukuhan Kuwon Kidul, Kuwon Lor, Ngampo, Dengok Lor, dan Posyandu Lansia Husnul Khotimah di Padukuhan Jetis Kulon. Disampaikan juga oleh Bapak Kepala Puskesmas bahwa sebelumnya telah dilakukan pelatihan bagi kader posyandu lansia yang nantinya akan terjun langsung melaksanakan kegiatan posyandu Lansia di Padukuhan. Selai itu enam Padukuhan tersebut juga akan mendapatkan peralatan penunjang kegiatan yaitu tensi meter, timbangan digital, pengukur tinggi badan, pengukur lingkar perut dan tanaman obat keluarga.

Kegiatan kali ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Ibu dr. Dewi Irawaty, M.Kes. dan jajarannya yang dari pagi telah hadir dan melakukan senam bersama lansia kuwon kidul. Dalam sambutannya ibu Kadis menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan Pacarejo khususnya kepada Lurah Pacarejo yang telah memberikan perhatian khusus dibeberapa sektor yaitu ibu hamil, penanganan stunting, dan lansia.

Pada acara inti ibu Kadis secara simbolis menyerahkan Papan nama Posyandu Lansia padukuhan Kuwon Kidul yang diberi nama SUMELEH kepada Dukuh Kuwon Kidul. Juga alat penunjang kegiatan dan bibit tanaman obat keluarga (toga) yang turut diserahkan secara simbolis.

Diakhir acara dilaksanakan pemeriksaan kesehatan lansia yang dilaksanakan oleh tim dari UPT Puskesmas Semanu II. Sebanyak 113 Lansia turut ambil bagian dalam kegiatan Launching Posyandu dan pemeriksaan kesehatan. Kedepannya kegiatan posyandu lansia SUMELEH kuwon kidul akan terus dilaksankan ditanggal 20 setiap bulannya.