BATU GIRING

25 Mei 2016
Administrator
Dibaca 77 Kali
BATU GIRING

 

Gunungkidul  seolah merupakan kota wisata yang tak pernah habis untuk dibicarakan. Berbagai tempat wisata unik, murah meriah, dengan panorama alam yang luar biasa indah yang bisa kita sambangi dan melekat dalam sanubari kita. Kali ini saya akan membahas tentang Batu Giring yang terletak didaerah Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungidul.

Batu Giring atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan “Nggiringan” terletak di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu ,Kabupaten Gunungkidul ,atau sebelah timur kota Wonosari. Map: https://goo.gl/maps/nnMgHS3cY2r . Rute : Alun-alun kota Wonosari ketimur 3km -> Gardu listrik Mijahan ketimur 200m -> ada pertigaan arah Kali Suci -> lewat bekas tobong gamping kiri jalan -> ada balai padukuhan kanan jalan -> masuk cor blok 10 meter.
 
Batu Giring ini, dahulunya tempat penambangan Batu kapur, yang biasanya dahulu  digunakan untuk alas tiang penyangga rumah atau disebut dengan giring dan juga tempat penambangan batu untuk tembok rumah seperti batu bata yang berbentuk kotak kotak Entah sengaja atau tidak Bekas tambang batu ini menyerupai bangunan seperti candi kuno, karena stuktur batu bekas gergaji menjadi berundak dan bertingkat serta memiliki ketinggian yang berbeda.
 
Batu Giring juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa , disore hari kita bisa menikmati indahnya sunset berpadu dengan hijaunya sawah dan perbukitan alam sekitar. Jika kita beruntung, kita bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan pada saat cuaca sedang cerah.