MAHASISWA KKN PPM XLV UMBY DAN PIK-R PIYUYON MENGGELAR SOSIALISASI PSIKOEDUKASI BULLYING DI BALAI PEDUKUHAN PIYUYON GUNUNG KIDUL

30 Juli 2024
FERI FEBRIYANTO
Dibaca 57 Kali
MAHASISWA KKN PPM XLV UMBY DAN PIK-R PIYUYON MENGGELAR SOSIALISASI PSIKOEDUKASI BULLYING DI BALAI PEDUKUHAN PIYUYON GUNUNG KIDUL

Sejumlah Mahasiswa KKN dari Universitas Mercubuana Yogyakarta menggelar kegiatan “Sosialisasi Psikoedukasi Bullying di Balai Pedukuhan Piyuyon, Pacarejo, Gunung Kidul Yogyakarta bersama anak-anak dari tingkat SD dan SMP pada selasa 30 Juli 2024 lalu.

Sosialiasi Psikoedukasi Bullying tersebut merupakan salah satu program kerja utama dari tim KKN Mercu Buanakelompok 24. Sosialisasi tersebut menghadirkan sebanyak 41 peserta dari RT 1 sampai dengan RT 4 dusun Piyuyon. Sosialisasi Psikoedukasi Bullying tersebut diadakan dikarenakan pada usia anak-anak yang memasuki tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, rentan menjadi korban dan pelaku bullying baik secara sadar maupun tidak sadar.

Bullying merupakan suatu bentuk tindakan penindasan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok kepada orang lain dalam hal ini korban yang dianggap lemah untuk memperoleh kepuasan diri dengan cara menyerang kesehatan psikis dan dan fisik korban dengan tindakan secara sadar. Dalam sosialisasi yang telah dilaksanakan tersebut, kedua pemateri yang berlatar belakang jurusan Psikologi dari tim KKN menjelaskan bahwa terdapat empat bentuk bulliying yang ada dalam kehidupan sosial. Empat bentuk bulliying tersebut meliputi Bulliying Fisik seperti memukul, Verbalseperti bullying dalam bentuk kalimat-kalimat yang bertujuan untuk menjatuhkan mental korban, Sosial dan Cyber Bullyingberupa bentuk bullying melalui media sosial. Kedua pemateri tersebut juga memberikan beberapa strategi dalam mengatasi terjadinya bullying. Pertama, Melaporkan kepada guru atau orang yang lebih tua. Kedua, Memberikan dukungan kepada teman yang dibuli.

Melalui hasil wawancara bersama Dukuh Dusun Piyuyon Fery Febrianto mengenai sosialiasi psikoedukasi bullying tersebut, Fery menyatakan “Dikarenakan maraknya bullyingbaik dari anak SD, SMP, SMA apalagi dari segi keluarga yang mungkin notabenenya dari keluarga kurang mampu, keluarga cacat atau sakit itu menjadi bahan bullying. Terkait hal itu dengan diadakanya sosialisasi bullying oleh anak-anak kelompok KKN 24 UMBY yang ada di Padukuhan Piyuyon itu sangat berharga sekali” tutur beliau.

Sementara itu, ketua kelompok KKN UMBY Ridwan Maulana memberikan pendapat serta alasan diadakannya sosialisasi tersebut. “Program sosialisai ini didasarkan pada urgensi. Melalui hasil survei kami sebelum KKN. Kami mendapatkan informasi dari bapak Dukuh bahwa bullyngsedang marak terjadi di Dusun Piyuyon terkhusus di kalangangan anak-anak sekolah SD, SMP, SMA. Serta hasil wawancara kami kepada masyarakat sekitar yang mempunyai anak.” Jelasnya. “Dengan informasi tersebut kami tim KKN kelompok 24 UMBY sepakat untuk mengadakan sosialiasi anti bullying di Dusun Piyuyon sebagai bentuk pencegahan dan edukasi mengenai bullying. Dengan harapan anak-anak mendapatkan pengetahuan baru, pemahaman baru seputar bullying serta bisa saling mendukung untuk menghindari bullying baik sebagai pelaku maupun korban.” Lanjutnya.

Memberikan edukasi mengenai bullying sejak usia dini kepada anak-anak sangat bermanfaat karena akan berpengaruh pada kehidupan sosial mereka dalam jangka waktu yang panjang. Dari program sosialisasi bullying ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap sikap saling menghormati dan mampu membangun kepedulian antar sesama. Dengan demikian bukan hanya dari tim KKN, masyarakat Dusun Piyuyon mampu bergandengan tangan untuk bersama-sama mendukung anak-anak dalam melawan bullying baik di sekolah maupun di kehidupan sosial. Melalui kegiatan sosialisasi psikoedukasi bullying tersebut, mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembanan anak-anak generasi bangsa.