Meningkatkan UMKM di Dusun Jasem Kidul Melalui Media Sosial: Peran Positif KKN UMBY

14 Agustus 2023
admin
Dibaca 88 Kali
Meningkatkan UMKM di Dusun Jasem Kidul Melalui Media Sosial: Peran Positif KKN UMBY

Pacarejo.id - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dijalankan oleh mahasiswa. Salah satu contoh KKN yang bernilai inspiratif adalah program KKN UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta) yang berfokus pada peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di dusun Jasem Kidul. Melalui pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi dan penjualan, kelompok 65 KKN UMBY telah berhasil memberikan pengetahuan baru serta berdampak positif bagi UMKM di dusun Jasem Kidul.

Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang efektif dalam menghubungkan pelaku bisnis dengan calon konsumen. Kendala terbesar para pelaku UMKM di dusun Jasem Kidul yaitu masih minimnya penggunaan teknologi dalam pemasaran produk secara digital. Kelompok 65 KKN UMBY mengambil peran penting dengan membantu UMKM memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp untuk meningkatkan visibilitas penjualan produk.

Dengan bantuan kelompok 65KKN UMBY, UMKM di dusun Jasem Kidul telah membuka wawasan baru tentang pemasaran digital terhadap produk mereka. Langkah ini juga membantu UMKM untuk semakin berkembang dan berkontribusi memajukan perekonomi lokal. Keberlanjutan dari program ini tergantung pada kolaborasi yang berkelanjutan antara mahasiswa, UMKM, dan komunitas desa. Pemanfaatan media sosial telah membuka peluang baru bagi UMKM untuk tumbuh dan semakin berkembang. Pemberian dukungan yang dilakukan kelompok 65 KKN UMBY pada potensi UMKM yang ada membawa dampak positif yang signifikan bagi perekonomian dan masyarakat lokal.