Kirim Dowo Padukuhan Pacing Kidul Hari Rabu Pahing

07 Desember 2022
Admin
Dibaca 155 Kali
Kirim Dowo Padukuhan Pacing Kidul  Hari Rabu Pahing

   Pacarejo.id Rabu Pahing merupakan hari dimana dilaksanakan sebuah acara kenduri oleh warga Padukuhan Pacing Kidul Kalurahan Pacarejo Kapanewon Kabupaten Gunungkidul. Acara kenduri yang merupakan acara tradisi turun temurun tersebut merupakan salah satu dari sekian kekayaan potensi budaya di Kalurahan Pacarejo. 

 

   Acara budaya tersebut adalah Kirim Dowa yang merupakan acara adat yang dilaksanakan ketika musim tanam sudah lewat dilakukan dan tanaman sudah mulai tumbuh. Maksud dan tujuan dari acara Kirim Dowa tersebut adalah permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar para warga tani tanamannya bisa tumbuh subur dan menuai hasil yang melimpah ruah, serta memohon kepada Tuhan agar tanaman terhindar dari segala macam hama dan penyakit tanaman, sehingga seluruh tanaman tumbuh subur. 

 

   Acara adat dilakukan dengan cara : seluruh warga Padukuhan berkumpul di balai Padukuhan atau rumah pak Dukuh dengan membawa uborampe kenduri diantaranya tumpeng dan pelengkapnya, kemudian dilaksanakan kenduri dengan dipimipin oleh tetua adat di Padukuhan tersebut. 

 

    Dengan acara kenduri ini, semoga permohonan seluruh warga Padukuhan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. 

 

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin